Minggu, Maret 3, 2024

Bantu Kapasitas Embung, PUPR Banjarbaru Bangun Check Dam

Link, Banjarbaru – Guna mengurangi resiko banjir di Kecamatan Cempaka, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru, tak hanya membangun Embung di Gunung Kupang. Tetapi, pihaknya pun membangun check dam di hulu dari Sungai Gunung Kupang.

Subrianto, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Banjarbaru mengatakan pekerjaan pembangunan check dam Sungai Gunung Kupang ini, sebagai upaya untuk mengendalikan erosi tanah dan sedimentasi di bagian hulu sungai.

“Tujuan pekerjaan pembangunan check dam Sungai Gunung Kupang ini, adalah menambah jumlah sarana dan prasarana peningkatan dan pengelolaan jaringan sungai yang ada di Kota Banjarbaru,” ujar Subri, Selasa (14/11/2023).

Selain mengendalikan erosi, chek dam ini juga bisa memperlambat aliran air di bagian hulu, sehingga sedimen bisa tertahan di check dam. Dengan demikian kapasitas tampungan embung dan sungai bisa lebih terjaga. 

“Apabila kapasitas tampung embung dan sungai terjaga, diharapkan bisa mengurangi resiko terjadinya banjir,” tambahnya.

Ia mengatakan, pekerjaan pembangunan check dam Sungai Gunung Kupang ini meliputi pekerjaan pasangan batu, pekerjaan beton dan pemancangan galam,  pekerjaan dewatering serta pekerjaan bronjong.

“Saat ini pekerjaan pembangunan masih berjalan selesainya pada pertengahan Desember nanti, dengan menggunakan anggaran APBD 2023 sebesar Rp 799.815.000,” pungkasnya.

Subri menambahkan, check dam Sungai Gunung Kupang ini akan memiliki tinggi jagaan 3,65 meter dengan lebar 18,50 meter. (wahyu/BBAM)

Baca Juga  Polisi Tetapkan Pengelola Panti Tersangka Penganiayaan

BERITA POPULER