Senin, Maret 4, 2024

Beberapa Efek Samping Meminum Kopi Setelah Makan

Linkalimantan.com-Minum kopi memang memberikan banyak manfaat sehat. Namun, sebaiknya tidak minum kopi setelah makan karena bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan.

Waktu minum kopi kerap kali menjadi perdebatan. Ada aturan yang menyebutkan bahwa minum kopi sebaiknya tidak dilakukan setelah makan karena bisa mengganggu kesehatan.

Dilansir dari Gulf News (04/12/17) minum kopi setelah makan sebenarnya tidak akan mengganggu respon glukosa dalam tubuh. Namun, ini bisa memperlambat tubuh dalam menyerap nutrisi.

Ketika makan, tubuh akan terisi nutrisi yang kemudian akan diserap oleh tubuh. Namun, jika setelahnya minum kopi maka nutrisi tersebut tidak mampu terserap oleh tubuh dengan baik.

Menurut penelitian, minum kopi setelah makan bahkan bisa mengurangi penyerapan zat besi hingga 80%. Selain itu, minum kopi setelah makan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak yang ditemukan dalam kopi dapat membuat minuman ini sebagai salah satu senyawa yang memicu peningkatan kolesterol dalam makanan.

Tak hanya itu, efek samping minum kopi usai makan juga bisa terlihat pada penampilan fisik. Dikutip dari Bright Side, berikut efek samping minum kopi setelah makan:

  1. Kulit jadi Kering

Ketika makan tubuh akan terisi dengan nutrisi. Jika setelahnya langsung minum kopi maka bisa menghambat nutrisi seperti zat besi.

Baca Juga  Sajian Masakan Ikan Asin Yang Menggugah Selera

Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup zat besi maka hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Terutama pada kulit wajah yang menjadi kering dari biasanya.

Bahkan bisa juga menyebabkan kerutan pada wajah lebih terlihat. Selain itu, minum kopi juga menyebabkan sering buang air kecil yang akhirnya membuat dehidrasi. Ketika dehidrasi kulit menjadi kering.

  1. Merusak Gigi

Mineral yang didapat tubuh dari makanan juga bisa terhambat penyerapannya jika minum kopi setelahnya. Salah satu jenis mineral yang terhambat adalah kalsium.

Kemudian, tubuh akan membuang kalsium tersebut melalui keringat dan urine. Sementara kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh gigi.

Dengan kurangnya asupan kalsium dalam jangka lama tentu akan membuat gigi menjadi rapuh, kekuningan dan gusi teriritasi.

  1. Memicu Rambut Rontok

Minum kopi usai makan bisa mengurangi penyerapan banyak nutrisi penting dalam tubuh. Seperti zat besi yang sangat berguna untuk kesehatan rambut.

Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka darah dalam tubuh akan mengalami kesulitan untuk membawa oksigen yang memperbaiki sel-sel dalam tubuh untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Hal ini akan memicu rambut menjadi mudah rontok. Karenanya disarankan untuk memberikan jarak waktu setelah makan untuk kemudian minum kopi kira-kira sekitar satu jam.

BERITA POPULER