Minggu, Mei 19, 2024

Berpotensi Diundur, Ini Jadwal Terbaru Pendaftaran CASN 2023

Link, Banjarbaru – Jadwal pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 berpotensi diundur. Pendaftaran yang tadinya dibuka mulai 17 September, berpotensi diundur hingga 1-2 hari setelahnya.

“Saya memang kalau berbicara agak pesimis ada potensi mundur 1-2 hari ke depan, dari tanggal 16-17 (September),” kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen dalam detikFinance dikutip Jumat (15/9/2023).

Sebagaimana dilansir darik detik.com, alasan mundurnya jadwal seleksi CASN 2023 ini disebabkan oleh minimnya progres verifikasi dan validasi (verval) formasi dari instansi kementerian dan lembaga (K/L).

“Kalau saya lihat data yang ada sampai saat ini relatif masih sangat terbatas jumlahnya sudah melakukan final formasi itu sangat sedikit. Jadi saya khawatir,” ujarnya.

Suherman mengatakan pihaknya telah meminta Direktur Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian untuk mengirim surat kepada instansi agar segera melakukan finalisasi.

Jika tidak mengirim dalam waktu yang sudah ditentukan, maka instansi tersebut setuju dengan formasi yang telah ditentukan Kementerian PANRB.

BACA JUGA  Resmi! Seleksi CASN 2024 Dibuka Juni, Kuota 1.289.824

“Walaupun suratnya MenPANRB menjelaskan kalau tidak menyampaikan surat dianggap formasinya sama yang ditetapkan oleh pak Menteri PANRB. Jadi ada clue yang kemudian sedikit mengikat kami untuk potensi tidak mundur,” tuturnya.

Menurut laman Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, CASN untuk pemerintah pusat ditetapkan sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK. Kemudian pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

Syarat Berkas CASN 2023

  • Fotokopi Ijazah terakhir dan transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Akta kelahiran
  • Pas foto
  • Surat pernyataan penempatan di mana pun
  • Melampirkan CV (curriculum vitae)

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran CASN 2023 dapat detikers pantau di Instagram @bkngoidofficial atau https://www.bkn.go.id. (bbs)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER