Senin, Maret 4, 2024

BPBD Banjar Siapkan Tandon Air Dukung Haul Sekumpul

Link, Martapura – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, menyiapkan 94 unit tandon air dengan kapasitas 1.200 liter siap didistribusikan ke Posko Dapur Umum pada pelaksanaan Haul ke-19 Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul.

“Berdasarkan laporan Posko Induk Sekumpul, tercatat ada sekitar 200 lebih titik lokasi dapur umum. Untuk memaksimalkan itu, Pemkab Banjar juga dibantu Balai Prasarana Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) yang akan mendistribusikan sebanyak 38 unit tandon air dengan kapasitas 2.200 liter dan 10 unit tandon dengan kapasitas 1.100 liter,” ujar Kepala Pelaksanaan (Kalak) BPBD Kabupaten Banjar, Warsita melalui Yayan Daryanto selaku Kabid Kedaruratan dan Logistiknya pada, Jumat (5/1/2024).

Total, lanjut Yayan lebih jauh, ada sebanyak 142 unit tandon yang dipersiapkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul.

“Pendistribusian tandon air di prioritaskan untuk mendukung keperluan air disetiap dapur umum yang sudah terdata,” katanya.

Baca Juga  35 Anggota DPRD Banjar Terindikasi Rugikan Negara

Selain mempersiapkan ratusan tandon air, BPBD Kabupaten Banjar juga sudah menyediakan dua unit mobil truk tangki untuk menyuplai keperluan air di Posko Dapur Umum, tak terkecuali dari Balai Prasarana Wilayah Kalsel.

“Ada sebanyak 8 unit mobil truk tangki air milik balai prasarana, serta 1 unit mobil dari instalasi pengolahan air,” ucapnya.

Selain BPBD yang sudah memastikan kesiapannya. PT Air Minum (PTAM) Intan Banjar juga sudah memastikan akan menyediakan sarana air untuk keperluan jemaah berwudhu.

“Kurang lebih sebanyak 42 titik dengan sebaran mulai dari Desa Indrasari sampai RTH Ratu Zalecha. Kami juga sudah menyiapkan jaringan pipa saluran air yang langsung terkoneksi disejumlah titik tersebut,” ungkap Direktur PTAM Intan Banjar, Syaiful Anwar melalui Wahyuni selaku Humas PTAM Intan Banjar.(zainuddin/BBAM)

BERITA POPULER