Jumat, Juni 14, 2024
BerandaHeadlineBupati Tetapkan Banjar Siaga Darurat Banjir

Bupati Tetapkan Banjar Siaga Darurat Banjir

Link, Martapura – Setiap tahun dilanda banjir, utamanya disaat musim penghujan, menjadikan Pemkab Banjar untuk bersiap siaga.

Bupati Banjar telah menetapkan status siaga darurat banjir, angin puting beliung dan tanah longsor selama 151 hari sejak 1 November 2022 sampai 31 Maret 2023.

“Saat ini Kabupaten Banjar berada pada musim penghujan. Dimana hampir setiap tahunnya mengakibatkan banjir atau genangan di daerah rawan, khususnya disepanjang daerah bantaran sungai Riam Kiwa dan Martapura,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita Warsita , saat memimpin apel siaga di halaman Kantor BPBD, Senin, 26 Desember 2022.

BACA JUGA  BUMDes PUTRA BULU Awang Bangkal Kembangkan Mina Wisata

Menurut prakiraan BMKG papar Waskita, bahwa wilayah Kabupaten Banjar akan mengalami puncak musim hujan pada Desember 2022 sampai Januari 2023.

“Oleh sebab itu dalam rangka kesiapsiagaan maka Bupati Banjar telah menetapkan status siaga darurat bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor,” katanya.

BACA JUGA  Dirotasi ke Dispersip, Kursi Direktur RSUD RaZa Kosong

Ditambahkannya, sejak Januari sampai saat ini di wilayah Kabupaten Banjar telah terjadi 174 kejadian bencana.

“Bencana banjir masih mendominasi bencana yang paling sering terjadi, yakni sebanyak 118 kali.  Kebakaran pemukiman 26 kali dan bencana angin puting beliung 23 kali,” tutupnya.

Apel gabungan ini diikuti oleh pejabat eselon II,III, IV dan pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan administrasi kedalam jabatan fungsional serta karyawan/karyawati masing-masing SKPD. (zainuddin/BBAM)

BERITA LAINNYA

POPULER