Senin, Maret 4, 2024

Cuaca Ekstrim, Basarnas Himbau Nelayan Ektra Hati-Hati

Link, Martapura – Cuaca ekstrim yang saat ini tengah melanda, diharapkan warga masyarakat untuk waspada dalam menghadapinya. Terutama bagi masyarakat yang bermatapencaharian sebagai nelayan.

Untuk mencegah potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada cuaca ekstrim,  yang saat ini Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kembali menyerukan himbauan kepada masyarakat.

Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin  Al Amrad, S.Sos. mengatakan, agar para nelayan yang ada di beberapa wilayah Kalimantan Selatan untuk memperhatikan faktor cuaca.

“Khusunya para nelayan atau pengguna fasilitas pelayaran. Karena apabila cuaca tidak mendukung, kami minta para nelayan untuk menghentikan sementara aktivitas-aktivitasnya,” ungkapnya kepada Linkalimantan.com Selasa 7 Maret 2023.

Selain himbauan, Al Amrad juga menyarankan agar para nelayan dan lainnya yang beroperasi sebagai pelaut, untuk tidak lupa mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

Baca Juga  Haul Sekumpul, Basarnas Siapkan Evakuasi Jalur Irigasi

“APD sangat perlu dikenakan. Selain memberikan manfaat bagi pelaut, hal itu juga akan memudahkan pihaknya jika nantinya ada masyarakat yang memerlukan pertolongan,” ujarnya seraya mengingatkian jika ada insiden di laut untuk menghubungi langsung Basarnas atau cal center 115 Basarnas.

Lebih jauh, Amrad menegaskan, pihaknya siap selalu untuk membantu masyarakat dalam waktu 24 jam.

“Karena kami siap memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat jika memerlukan,” tandasnya.

Sementara itu, dari catatan dalam beberapa bulan ini utamanya saat cuaca ekstrim melanda banyak insiden yang terjadi. Baik darat maupun laut. Banjir, angina kecang dan putting beliung sampai insiden kapal terbalik di lautan. (oetaya/BBAM)

BERITA POPULER