Minggu, Maret 3, 2024

DJKA Turunkan Tim Evakuasi Insiden Kereta Api di Bandung

Link, Jakarta – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan turut prihatin dan berduka cita atas korban terdampak akibat insiden kereta api di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 yang terjadi pada Jumat, 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal mengatakan bahwa insiden melibatkan Kereta Api Turangga (KA Plb 65A) dengan Kereta Api Commuterline Bandung Raya (KA 350).

“Guna menindaklanjuti dan mengevakuasi korban dari insiden ini, DJKA bersama KAI dan pihak terkait telah mengirimkan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian,” ujarnya pada Jumat (5/1/2024).

Kejadian tersebut telah mengakibatkan jalur petak jalan Cicalengka – Haurpugur terhalang.

Demi kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api, kepada relawan dan masyarakat yang akan ke lokasi diminta untuk tidak mendekat area rel kereta api kecuali petugas dan relawan yang ditunjuk.

Sebelumnya, Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanepi mengatakan dua kereta yang terlibat kecelakaan itu adalah KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya. Kecelakaan terjadi di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur pukul 06.53 WIB.

“Kejadian pukul 06.03 WIB di petak Jalur Cicalengka-Haurpugur, KA Turangga dan KA Lokal,” kata Ayep.

Ayep mengatakan pihaknya belum bisa memastikan terkait jumlah korban dalam insiden kecelakaan ini. Dia menuturkan tim dari KAI sedang menuju ke lokasi. “Data belum, saya lagi ke lokasi,” ujarnya. (tri)

BERITA POPULER