Jumat, April 12, 2024

Gubernur Kembali Ingatkan Setiap Kabupaten/Kota Miliki MPP

Link, Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekdaprov Roy Rizali Anwar menyerahkan penghargaan Pelayanan Publik, Reformasi Birokrasi, dan SAKIP kepada Pemerintah Kabupaten Kota di Aula Idham Chalid, Banjarbaru, pada Kamis (9/3).

Paman Birin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas komitmen bupati/walikota dan jajarannya dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

“Kualitas pelayanan publik yang baik akan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung,” kata Paman Birin.

Sedangkan reformasi birokrasi, menurutnya dapat mempercepat dan memudahkan proses pengambilan keputusan serta mengurangi hambatan birokrasi.

Paman Birin juga mendorong agar seluruh kabupaten kota di Kalimantan Selatan memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP), sebagai salah satu upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Diketahui, saat ini terdapat lima MPP di Kalimantan Selatan, yaitu di Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarbaru.

“MPP dapat memudahkan akses masyarakat terhadap layanan publik, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, serta memberikan pelayanan yang ramah dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” jelas Paman Birin.

Baca Juga  Gubernur Kalsel Pimpin Diskusi bersama KPK RI

Senada dengan Paman Birin, Kepala Birro Organisasi Setdaprov Galuh Tantri Narindra mengingatkan agar tiap kabupaten/kota segera memiliki MPP.

“Tidak harus megah, yang penting bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” pesannya.

Adapun penilaian evaluasi ini, ungkap Galuh, dilakukan tim Kemenpan RB bersama Biro Organisasi Setdaprov Kalsel.

Peringkat terbaik kategori Reformasi Birokrasi diraih oleh Kabupaten Hulu Sungai Selatan, disusul Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, dan Kabupaten Balangan.

Selanjutnya, peringkat terbaik kategori Akuntabilitas Kinerja kembali diraih oleh Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Peringkat berikutnya disabet oleh Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tapin, dan Kabupaten Tabalong.

Kemudian, peringkat terbaik kategori Pelayanan Publik dan MPP secara berurutan diduduki oleh Kabupaten Tabalong, Kota Banjarbaru, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut. (why)

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img