Minggu, Maret 3, 2024

Harjad Kabupaten Tapin Gubernur Nilai Pembangunan Berkembang Pesat

Link, Rantau – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi Ketua PKK Provinsi Kalimantan Selatan H. Raudatul Jannah, menghadiri acara puncak peringatan Hari Jadi (harjad) Kabupaten Tapin yang ke-58.

Peringatan Harjad Kabupaten Tapin tahun ini mengusung tema “Maju Baimbai Gasan Tapin Nang Inovatif Wan Unggul” di gelar di halaman Kantor Bupati Tapin, Rantau pada Kamis (30/11) pagi.

Diawali penampilan marchind band, launching Tapinkab CSIRT, penayangan sejarah Tapin, tari Bumi Ruhui Rahayu dari Sanggar Siram Bastari, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu mars Bergerak, pembacaan Al-Qur’an dan sambutan.

Gubernur Kalsel Paman Birin terlebih dahulu mengucapkan selamat Harjad Kabupaten Tapin yang ke-58 Tahun 2023 kepada seluruh masyarakat Tapin.

“Semoga peringatan ini, menjadi hari yang bermakna untuk kita hayati, kita renungkan, dan sekaligus momentum menjaga keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Tapin, agar lebih maju dan berkembang, menyongsong kesiapan daerah kita sebagai Gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” ujar Paman Birin.

Menurut Paman Birin, peringatan hari jadi adalah milik bersama, milik pemerintah daerah dan milik seluruh lapisan masyarakatnya. Karena itu, hari jadi bukan hanya seremoni jajaran pemerintahan, tetapi momentum kebersamaan pemerintah dan rakyat.

“Untuk itu, di hari yang bersejarah dan istimewa ini, maka sudah selayaknya pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Tapin untuk terus berkomitmen dalam memelihara kerukunan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan. Karena dengan modal komitmen inilah, kita bisa berkembang lebih cepat dalam membangun daerah,” ujarnya lagi.

Baca Juga  Paman Birin-Kodam VI Mulawarman Main Futsal Bareng

Paman Birin berpesan jika komitmen, baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota semakin kuat, maka ini juga akan berdampak pada percepatan pembangunan di berbagai sektor.

“Tugas kita sekarang ini adalah terus mempercepat pembangunan di berbagai sektor, karena kita sudah mendeklarasikan provinsi kita sebagai gerbang IKN dan penyangga pangan nasional,” pungkasnya.

Apalagi saat ini Kabupaten Tapin memiliki produk unggulan seperti halnya Bawang Merah, Cabai Hiyung dan padi. Untuk itu, Paman Birin berharap, kiranya produk semacam ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Disisi lain, Paman Birin menyoroti perkembangan Tapin dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, sangat luar biasa berkembang pesat.

“Tadi Bunda sampai bilang, bahwa jalanan sekarang di Tapin sudah lebar dan mulus, apalagi kompleks perkantoran sekarang begitu tertata dan rapi, jadi saya harap ini menjadi penyemangat kita untuk terus melakukan perubahan demi perubahan dan meningkatkan infrastruktur yang ada di kecamatan maupun di desa-desa,” harapnya. (wahyu/BBAM)

BERITA POPULER