Minggu, Maret 3, 2024

Jokowi Hadiri Pembukaan COP28 Dubai

Link, Jakarta – Mengawali agendanya di Persatuan Emirat Arab (PEA), Presiden Jokowi akan menuju Expo City Dubai, Dubai untuk menghadiri pembukaan World Climate Action Summit (WCAS) pada COP28 yang diselenggarakan Al Waha Theatre, Dubai Exhibition Center (DEC).

Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pernyataan nasional dalam pertemuan WCAS COP28 tersebut. Selanjutnya, Presiden Jokowi direncanakan mengikuti Leaders’ Event: Transforming Food Systems in the Face of Climate Change.

Di sela-sela kegiatan WCAS COP28 di Dubai, Presiden akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Støre di Bilateral Room, DEC.

Sementara pada malam harinya, Kepala Negara dijadwalkan menghadiri Zayed Sustainability Prize di Al Wasl Plaza. Setelahnya, Presiden akan menghadiri jamuan makan malam yang digelar oleh Presiden PEA Mohammed bin Zayed dan Presiden Brazil Lula da Silva di Surreal Falls, Expo City Dubai.

Dalam rangkaian kegiatan WCAS COP28, Presiden akan didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury.

Sebelumnya, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan delegasi terbatas tiba di Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), pada Kamis, 30 November 2023, sekitar pukul 16.25 waktu setempat (WS), usai menempuh penerbangan selama kurang lebih 10 jam.

Baca Juga  Jokowi dan Sekjen PBB Antonio Guterres Bahas Aksi Iklim dan Gaza

Di bawah tangga pesawat, Presiden Jokowi disambut oleh Menteri Negara untuk urusan Perdagangan Luar Negeri PEA Thani Al Zeyoudi, Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk PEA Husin Bagis, Atase Pertahanan RI di Abu Dhabi Brigjen Muhammad Irawadi, dan Duta Besar PEA untuk RI Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri.

Setelahnya, Presiden Jokowi langsung menuju rangkaian kendaraan yang telah disiapkan untuk selanjutnya menuju hotel tempatnya bermalam selama berada di Dubai.

Di hotel, Presiden disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim. Selain itu, turut menyambut kedatangan Presiden yaitu Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Wakil Menteri LHK Alue Dohong, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Konsul Jenderal RI di Dubai K. Candra Negara. (tri)

BERITA POPULER