Selasa, Mei 21, 2024

Home Care Sasar Lansia dan Disabilitas

Link,Banjarbaru- Mendukung visi misi Walikota Banjarbaru dalam program home care, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melalui beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melaksanakan program home care.

Tak terkecuali Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarbaru, menjalankan program home care untuk lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas se-Kota Banjarbaru.

Program ini kembali dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Banjarbaru, serta Sosialisasi Pelayanan Home Care Bagi Lansia dan Penyandang Disabilitas Kota Banjarbaru, bertempat di Aula Dinas Sosial Kota Banjarbaru, Rabu (08/06/2022).

Said Abdullah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarbaru, yang hadir dalam sosialisasi tersebut, sangat mengapreasi dengan adanya program tersebut. tentunya membantu, merealisasikan program unggulan Walikota Banjarbaru.

BACA JUGA  Layanan Home Care Banjarbaru Tersedia Melalui Puskesmas

“Agar program homecare tersebut bisa disalurkan tepat sasaran kepada para lansia dan penyandang disabilitas,” ujarnya.

Sekda menjelaskan, bahwa program homecare ini tidak hanya ada di Dinsos melainkan, mencakup tiga bagian yakni Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru,dan Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Banjarbaru.

“Jika program ini bisa berjalan sesuai dengan harapan, tentu akan terjadi perubahan layanan yang sangat signifikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Rohkyat Riyadi Kepala Dinsos menyebutkan masyarakat Kota Banjarbaru saat ini yang terdata ada 110 orang. Diantaranya 90 lansia dan 20 penyandang disabilitas.

BACA JUGA  RSD Idaman Banjarbaru Beri Kemudahan Lewat Layanan Homecare

“namun, data ini sudah berubah karena ada satu lansia yang sudah meninggal, jadi sekarang jumlah lansia 89 orang, tetapi itu tak menutup kemungkinan akan bertambah lagi seiring dengan laporan masyarakat,” jelas Rohkyat.

Dalam program ini, Dinsos akan mengunjungi rumah-rumah lansia dan disabilitas untuk membagikan sembako, serta makanan siap saji setiap bulan. Program ini akan terus berjalan pada tahun 2022, kemudia di 2023 pihaknya akan kembali mengajukan program home care ini.(wahyu/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER