Minggu, Maret 3, 2024

Hujan Deras, Drainase Tersumbat Pasar Batuah Martapura Kebanjiran

Link, Martapura  – Diduga saluran drainase tidak berfungsi saat diguyur hujan deras pertokoan di sembilan Blok Pasar Batuah Martapura mendadak kebanjiran pada, Kamis (7/12/2023).

Sejumlah toko yang terdampak banjir genangan saat diguyur hujan deras yang terjadi sejak pukul 13.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita, yakni dikawasan Blok I hingga Blok A Pasar Batuah Martapura dengan ketinggian air bervariasi. Dan genangan terparah terjadi dari Blok F hingga Blok A.

Menurut salah satu pedagang pakaian di Blok A Pasar Batuah Martapura, yakni Ahmad Siddiq, banjir genangan air saat turun hujan deras tersebut terjadi karena kondisi jalan di Depan Pasar Batuah Martapura dilakukan peninggian jalan.

“Sementara volume drainase di kawasan pertokoan cukup kecil dan tersumbat. Air hujan yang turun ke drainase akhirnya meluap dan membanjiri sejumlah toko. Termasuk toko tempat saya berjualan,” ujarnya.

Kendati banjir genangan air meluap hingga masuk ke dalam toko tempatnya berjualan dengan ketinggian air semata kaki atau kurang lebih 5 Cm. Namun, Ahmad Siddiq mengaku tidak ada barang dagangannya yang terendam air banjir.

Baca Juga  Membludak, Desa Dalam Pagar Dipenuhi Puluhan Ribu Jamaah Haul

“Tempat barang dagangan saya dilakukan peninggian agar terhindar dari banjir genangan. Sebab, ditahun lalu banyak barang dagangan saya yang terendam air banjir genangan usai diguyur hujan deras pada malam hari. Total kerugian hingga puluhan juta rupiah, karena barang dagangan tidak laku lagi kalau dijual,” ucapnya.

Atas dasar tersebutlah, Ahmad Siddiq berharap agar pengelola pasar melakukan normalisasi dan rehabilitasi drainase. Sebab, drainase yang ada dinilai tidak mampu lagi menahan volume air hujan.

“Agar air genangan cepat mengalir, masing-masing pedagang langsung membersihkan drainase yang tersumbat. Di depan toko saya saja hampir dua karung sampah yang berhasil dikumpulkan. Mudah-mudahan ada perhatian dari pengelola pasar untuk menindaklanjuti persoalan ini. Terlebih mendekati Januari yang sering turun hujan,” harapnya. (zainuddin)

BERITA POPULER