Senin, Maret 4, 2024

Indonesia Terancam Kehilangan 37 Medali Emas Di SEA Games 2023

Linkalimantan.com-Tim pakar yang memantau persiapan atlet-atlet Indonesia menuju SEA Games 2023 Kamboja menyebut bahwa ada kemungkinan raihan medali Indonesia akan berkurang dibanding SEA Games sebelumnya yang berlangsung di Vietnam. Kondisi itu disebabkan karena beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di Vietnam tidak dipertandingkan di Kamboja.

Dari data paparan yang disampaikan ke Menpora RI, Zainudin Amali oleh salah satu Anggota Tim Pakar, Del Asri, Indonesia terancam kehilangan 37 potensi medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Hal itu disebabkan karena 32 emas dari 6 cabang olahraga yakni, Panahan (5 emas), Canoe/Kayak (6 emas), Rowing (8 emas), Menembak (8 emas), Bowling (2 emas), dan Catur (3 emas) tidak akan dipertandingkan.

Ditambah lagi 5 emas dari eventnya tidak dipertandingkan seperti Senam dari nomor Women Individual All Round dan Womens Floor Eccercise), E Sport (Free Fire), Sepeda dari nomor Womens Bike Doewnhill Individual dan Womens Road Individual Time Trial.

“Terimakasih sebelumnya atas waktu untuk memaparkan kepada Pak Menteri. Peluang kita menghadapi SEA Games Kamboja tahun depan memang butuh kerja keras, karena kita akan kehilangan 37 medali emas dari beberapa cabang olahraga yang tidak dipertandingkan,” kata Del Asri dalam rapat bersama Menpora Amali untuk membahas evaluasi persiapan Indonesia menghadapi event dua tahunan tersebut seperti dikutip laman resmi Kemenpora.

Baca Juga  Raih Emas, Basket Putri Indonesia Cetak Sejarah

Menanggapi kondisi tersebut Menpora Zainudin Amali menyampaikan untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja nanti memang dibutuhkan kerja keras.

“Saya ingin tahu perkembangan terakhir tentang persiapan Indonesia menghadapi SEA Games 2023 Kamboja. Kita tahu bahwa, kita harus berusaha keras untuk melakukan yang terbaik untuk mengharumkan Indonesia,” kata Menpora Amali.

Sementara Ketua Tim Pakar, Asmawi melalui virtual menjelaskan bahwa, beberapa cabor sudah mulai melakukan Pelatnas dan sudah ada yang melakukan uji coba seperti renang dan atletik.

“Alhamdulilah renang sudah melakukan uji coba dan hasilnya bagus. Itu adalah atlet-atlet muda kita yang bisa menjadi andalan untuk mendapatkan medali di SEA Games 2023 Kamboja nanti,” katanya. (Link/net/ligaolahrga.com).

BERITA POPULER