Rabu, Mei 22, 2024

Jamaah Haul Syech Muhammad Arsyad Padati Kelampayan

Link, Martapura – Haul ke 217 Syech Muhammad Arsyad Al Banjari atau yang akrab dikenal Datu Kelampaian di Desa Kelampayan dipenuhi ribuan jamaah. Bahkan sebagian jamaah sudah mulai berdatangan sejak siang hari.

Salah satu rangkaian haul adalah melaksanakan haul di Makam Syech Muhammad Arsyad Al Banjari di Desa Kelampayan, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar. Karena itulah di desa yang tak jauh dari Desa Dalam Pagar tersebut malam ini (Senin, 25 April) dipenuhi para jamaah.

Alhamdulillah, pelaksanaan haul pun lancar terkenadli. Ratusan relawan terlibat dalam pelaksanaanya.

“Alhamdulillah, meski pun yang datang ribuan tetapi semuanya berjalan dengan aman,” ujar Lana salah seorang relawan yang bertugas membantu kelancaran lalu lintas.

Sementara itu, kawasan Makam Datu Kelampayan sejak lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah kemarin ramai didatangi oleh peziarah.

Peziarah yang datang ke makam Datu Kelampayan bukan hanya dari wilayah Kalimantan Selatan, namun ada juga peziarah yang datang dari Pulau Jawa.

Kepala Desa Kelampaian Tengah, Rudian mengatakan, setiap harinya sejak lebaran kemarin jumlah peziarah menembua angka sepuluh ribu setiap harinya.

Menurutnya, selain moment lebaran, ramainya peziarah juga dikarenakan menjelang Haul ke 217 Syech Muhammad Arsyad Al Banjari, dimana puncaknya akan dilaksanakan pada 27 April 2023 mendatang.

“Sangat ramai peziarah hingga hari ini. Bahkan kalau dibandingkan sebelum lebaran kemarin jumlahnya sangat naik signifikan,” ujar Rusdian. Selasa (25/4/2023).

Dengan banyaknya peziarah yang datang, Rusdian menambahkan, hal itu membuat perekonomian masyarakat sekitar area makam mengalami peningkatan.

“Dagangan masyarakat jadi laris manis, dan ekonomi menjadi meningkat,” Ujarnya.

Selain berziarah, biasanya para peziarah yang datang juga menyempatkan diri sekedar cuci muka di sumur yang diyakini milik Datu Kelampaian.(spy)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER