Senin, Maret 4, 2024

Jelang Lebaran, Stock Gas LPG 3 Kg Aman

Link, Martapura – Jelang Hari Raya Idul Fitri, pemerintah bukan hanya memantau bahan pokok di pasaran, hal yang sama juga dilakukan untuk gas LPG 3 kg bersubsidi. Seperti yang dilakukan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar bersama PT Pertamina Patra Niaga Ritel KalSel Senin (17/4/2023) pagi.

DKUMPP Kabupaten Banjar, PT Pertamina Patra Niaga Ritel KalSel dan dan Satgas Pangan Polres Banjar, melakukan pantauan stok arus distribusi kuota gas LPG 3 kg bersubsidi di wilayah Kabupaten Banjar.

“Hari ini kami melakukan pemantauan pangkalan di Kecamatan Kecamatan Astambul dan Kecamatan Martapura Timur,” ungkap Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati.

Dari kegiatan tersebut, Made menegaskan  ketersedian dan kelancaran arus distribusi di agen gas LPG 3 Kg bersubsidi aman dan lancar.

“Aman. Semuanya sesuai dengan jadwal pengiriman,”ujar Made.

Made berharap kepada pangkalan yang ada dapat menjual langsung kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah, UMKM dan nelayan agar tepat harga dan tepat sasaran.

Sementara Sales Branch Manager III KalSel PT Pertamina Patra Niaga Ritel Kalsel Moh Riza Rahmat Syah mengatakan, monitoring bersama DKUMPP dilakukan secara rutin antara satu atau dua bulan sekali, untuk memastikan penyaluran sesuai dengan ketentuan.

“Penyaluran Gas LPG 3 Kg sesuai HET, penyaluran sesuai sasaran dan selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1444 H ada ekstra kuota atau tambahan 10 persen. Tujuannya untuk aktivitas persiapan seperti memasak, karena setiap tahun meningkat dan dilakukan penambahan setiap Ramadan,”ujar Riza.

Riza berharap agenda seperti ini rutin dilakukan dan meminta masyarakat yang seharusnya tidak berhak bisa sadar.

“Karena Gas LPG bersubsidi untuk masyarakat rumah tangga dari golongan kurang mampu, kalau golongan yang mampu disarankan membeli yang non subsidi,” himbaunya.

Sesuai SK Gubernur HET Gas LPG 3 Kg atau gas melon bersubsidi di Kabupaten Banjar seharga 18.500 rupiah. Kepada masyarakat disarankan membeli di pangkalan yang terdaftar agar mendapatkan harga yang sesuai. (oetaya/BBAM)

BERITA POPULER