Kampung Pejabat, Destinasi Unik di Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn
kampung pejabat kota banjarbaru

KAMPUNG PEJABAT, begitulah sebutannya. Meski disebut demikian, yang tinggal di kampung tersebut bukanlah para pejabat.

Nama Pejabat disini merupakan sebuah singkatan, yaitu Pengolah Jamu Loktabat. Perlu diketahui, bahwa penduduk kampung ini sebagian besar adalah orang perantauan dari pulau jawa yang mencoba peruntungan dengan membuat jamu.

Kampung Pejabat berlokasi di Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kampung Pejabat sendiri menjadi salah satu Destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi karena tempatnya yang sejuk, asri, dan terdapat lukisan dinding atau mural yang dibuat warga di kiri dan kanan jalan sehingga menjadi spot-spot menarik untuk melakukan kegiatan foto ataupun selfi.

Selain itu juga terdapat cafe jamu untuk pengunjung yang ingin merasakan nikmatnya jamu di sana. Dekorasi gerbang dan jalan masuk yang dihiasi aneka payung serta tanaman hias. Juga ada bangku-bangkunya.

Baca Juga  Alfamart Ambruk, 9 Selamat 4 Meninggal

Ketua RT.06 RW.02 Kelurahan Loktabat Selatan yang juga pemilik Cafe Jamu di kampung Pejabat Tarmuji mengatakan, kawasan pemukiman ini sudah sejak lama menjadi tempat bermukim para pengolah dan penjual jamu.

“Sejak tahun 1979 hingga awal 80-an para perantau dari Jawa termasuk saya mulai bermukim dan buka usaha jamu di sini,” tuturnya kepada linkalimantan.com Kamis (14/7/2022).

Tarmuji menjelaskan, dulu ada 33 orang pembuat jamu di tempat tersebut, namun seiring waktu ada yang sudah meninggal, sehingga sekarang yang masih aktif adalah 22 orang kemudian beberapa di antaranya adalah generasi kedua.