Kemenag: 68 CJH Kota Banjarbaru Siap Diberangkatkan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link, Banjarbaru – Setelah ditiadakannya ibadah haji oleh Pemerintahan Arab Saudi, kini para calon jamaah haji (CJH) di Indoensia merasa lega. Karena dipastikan pada tahun 2022 ini ibadah haji kembali dilaksanakan. Tentu saja hal itu disambut gembira, seperti halnya para CJH Kota Banjarbaru yang beberapa hari ini sangat beremangat, tak terkecuali Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarbaru dalam menyelenggarakan bimbingan manasik haji.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Banjarbaru, Ahmad Syauqi mengatakan, Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Banjarbaru mengikuti pelaksanaan manasik haji selama 6 hari yakni, tingkat kota 2 hari dan tingkat kecamatan 4 hari.

“Ada 68 orang sudah siap berangkat dan telah menyelasaikan beberapa tahapan pendaftaran dari tanggal 9 sampai 20 Mei 2022. Diantaranya ada penyampaian dokumen-dokumen haji milik calon jemaah haji,” tuturnya kepada Linkalimantan.com, Rabu 25 Mei 2022.

Selama 2 hari CJH juga diberikan bimbingan di Kantor Kemenag Banjarbaru dan 4 hari di Kantor Urusan Agama (KUA). KUA Kecamatan Cempaka sebanyak 30 orang yang meliputi jemaah dari Cempaka dan Banjabaru Utara, kemudian KUA Kecamatan Banjarbaru Selatan sebanyak 38 orang, jamaah haji dari Banjarbaru Selatan, Landasan Ulin dan Liang Anggang.

Baca Juga  Sejumlah Ketua Cabor KONI Banjarbaru Panik?

Adapun, persyaratan kesehatan seperti sertifikat vaksin Covid-19 dikatakan Syauqi, pihaknya sudah menyelesaikan semuanya dan sudah masuk dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

“Jadi persiapan pemberangkatan haji di Kota Banjarbaru sampai saat ini bisa dilaksanakan sesuai dengan target-target waktu yang ditetapkan oleh Kantor Wilayah Kemenag Kalsel,” ucapnya.

Masih kata Syauqi, di Banjarbaru mendapatkan estimasi kuota CJH sebanyak 70 orang dan cadangan 20 orang, karena perkembangannya ada beberapa kendala, sehingga ada 8 orang yang memutuskan menunda. Kemudian ditutupi 2 orang dengan estimasi cadangan sesuai nomor urutan porsi.

“Kita menerima calon jemaah haji titipan mutasi dari Semarang 2 orang, Kabupaten Grogot 1 orang dan Tabalong 1 orang, ada 4 jemaah mutasi yang berdomisili Banjarbaru sehingga total 68 orang jemaah,” tambahnya.

Kegiatan tersebut ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada calon jemaah haji tentang ilmu manasik haji. Dengan tujuan usai mengikuti kegiatan itu mereka mampu menguasai tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar. Sehingga harapannya seluruh calon jemaah dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. (ItaBBAM)