Jumat, April 12, 2024

Koordinator Program P3PD Komitmen Wujudkan Desa Ideal

Link, Martapura – Komitmen para pengurus Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar, dalam membangun kualitas sumber daya manusia bukan hanya omong kosong belaka.

Triana Damayanti, Kordinator Program P3PD Kabupaten Banjar, mengatakan bahwa apa yang dilakukan untuk membantu pemerintah setempat. Agar dapat komprehensif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat desa untuk mendorong kualitas pembangunan desa yang demokratis, berkeadilan, dan berkeadaban.

“Intinya deklarasi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dan komitmen dalam mensukseskan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD), lalu juga Bubkomponen 2B untuk Kerjasama antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Lakpesdam PBNU,” ungkap Triana Damayanti, alumni dari Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat Rabu 15 Maret 2023.

Tidak hanya itu bebernya dengan diselanggarakannya kegiatan ini, dirinya juga berharap, masyarakat mampu berperan aktif dalam menyampaiakan apa saja permasalahan yang ada di desa. Sehingga peran-peran mereka terlihat.

Baca Juga  Ali Fahmi Bidik Riam Kanan Kembangkan Bibit Kopi

“Hal itu saya sampaiakan karena kita ketahui selama ini mereka minder sehingga  tidak bisa ikut dalam melakukan musyawarah desa. Akibatnya apa yang menjadi kebutuhan mereka tidak bisa tercover dalam APBDes desa,” jelasnya.

Sementara itu Kepala DPMD Kabupaten Banjar Syahrialuddin apresiasi kegiatan P3PD tersebut, menurutnya program tersebut sangat bagus untuk desa di kabupaten banjar, terlebih ada empat desa yang bersedia menjadi percontohan.

Empat desa yang menjadi percontohan P3PD yakni, Desa Sungai Sungai Tandipah Kecamatan Sungai Tabuk, Desa Sungai Lakum Kecamatan Kertak Hanyar, Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman, dan Desa Awang Bangkal Barat Kecamatan Karang Intan.

” Kita mendukung program ini, karna dalam kegiatan ini ada upaya-upaya supaya kita dapat memberdayakan semua sumber daya yang ada di desa, baik itu orang yang sehat, maupun disabilitas,” ucap Syahrialuddin. (oetaya/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img