Minggu, Maret 3, 2024

Miliki Kandungan Nutrisi Melimpah, Ini 10 Manfaat Srikaya

Srikaya merupakan jenis buah tropis yang banyak ditanam di Indonesia. Sebagai informasi, buah ini berasal dari Hindia Barat yang memiliki nama latin Annona squamosa.

Buah srikaya memiliki bentuk yang unik, yakni bulat dengan tonjolan di kulitnya. Daging srikaya memiliki warna putih serta rasanya manis di mulut. Banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi buah srikaya dengan cara dijus.

Buah srikaya mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Lantas, apa saja manfaat lain buah srikaya bagi tubuh? Lalu, apa saja kandungan nutrisi di dalamnya Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Kandungan Nutrisi Buah Srikaya

Buah Srikaya memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, seperti vitamin A, B, dan C. Maka dari itu, mengkonsumsi srikaya secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan.

Mengutip laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), berikut kandungan nutrisi pada buah srikaya per 100 gram:

  • Kalori: 101 kalori
  • Protein: 1,7 gram (g)
  • Lemak: 0,6 g
  • Karbohidrat: 25,2 g
  • Kalsium: 27 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Besi: 0,8 mg
  • Vitamin A: 0,08 mg
  • Vitamin B: 0,08 mg
  • Vitamin C: 22 mg
  • Air: 71,5 g

Manfaat Buah Srikaya bagi Tubu

Buah srikaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Masih mengutip sumber yang sama, berikut sejumlah khasiat buah srikaya:

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat yang pertama adalah dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sakit perut dan diare. Sebab, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah srikaya muda diyakini sangat efektif dalam membantu mengobati masalah pencernaan.

  1. Sebagai Penenang

Apakah kamu sering merasa panik? Jika iya, cobalah mengkonsumsi buah srikaya secara rutin. Sebab, buah berwarna hijau ini dipercaya dapat membantu tubuh rileks dan tenang.

Hal ini disebabkan karena buah srikaya mengandung magnesium tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko stres pada seseorang.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi, disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah srikaya. Menurut sebuah penelitian, kadar niacin atau vitamin B3 yang ada di buah srikaya muda dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah
Baca Juga  Covid-19 Kembali Muncul, Dinkes Banjarbaru Himbau Masyarakat

Manfaat berikutnya adalah dapat menjaga kadar gula darah tetap normal. Sebab, kandungan serat di buah srikaya dapat memperlambat penyerapan gula darah serta menjaga kadar gula tetap terkontrol.

Maka dari itu, bagi penderita diabetes sangat aman untuk mengkonsumsi buah srikaya.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan vitamin A dan vitamin C di buah srikaya ternyata dapat menjaga kesehatan rambut, lho. Rutin mengkonsumsi buah ini dapat membantu rambut tetap sehat, mencegah kerontokan, terhindar dari ketombe, serta merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu, kandungan vitamin A di buah srikaya juga turut membantu menjaga mata tetap sehat sekaligus terhindar dari berbagai penyakit mata.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Buah srikaya mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengurangi risiko kanker. Buah yang satu ini dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel tumor ganas.

  1. Menyehatkan Jantung

Manfaat lain dari buah srikaya adalah dapat menyehatkan jantung. Hal ini karena buah srikaya mengandung kalium dan magnesium tinggi sehingga turut membantu menyehatkan fungsi jantung.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah srikaya mengandung vitamin C dan antioksidan polifenol yang cukup tinggi, sehingga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini membuatmu jadi tidak gampang sakit dan dapat melawan infeksi dengan cepat.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat buah srikaya yang terakhir adalah mampu mencegah anemia. Perlu diketahui, anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuh, sehingga sel darah merah menjadi berkurang dan di bawah normal.

Nah, buah srikaya mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dengan begitu, rutin memakan buah ini dapat meningkatkan sel darah merah serta mencegah anemia.

Manfaat Lain Tanaman Srikaya

Selain buahnya, ternyata daun srikaya juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip buku Sehat Zaman Now oleh Fuat Anggrianto, berikut sejumlah manfaat daun srikaya:

Mengatasi penyakit kulit seperti borok, kudis, kurap, panu, hingga bisul.
Membantu menyadarkan orang yang pingsan, karena daun srikaya memiliki aroma khas.
Mengatasi cacing di perut.

Itulah 10 manfaat buah srikaya yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. So, mulai sekarang rutin mengkonsumsi buah srikaya, ya! (net)

BERITA POPULER