Minggu, April 21, 2024

Minuman Ini Jadi Solusi Redakan Sakit Tenggorokan di Bulan Puasa

Menjalani puasa dengan kondisi sakit tenggorokan sangatlah mengganggu. Karenanya, saat sahur dan berbuka minumlah beberapa minuman ini udah meredakan rasa sakit tersebut.

Sakit tenggorokan terjadi karena adanya peradangan di faring. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus seperti flu dan batuk. Sakit tenggorokan ini kerap dialami ketika menjalani ibadah puasa.

Saat puasa, tenggorokan rentan kering karena tidak mendapat cairan berjam-jam. Jika tenggorokan kering memudahkan zat asing untuk masuk dan mengiritasi tenggorokan.

Rasa sakitnya dapat diredakan dengan mengonsumsi racikan minuman hangat. Minumannya mudah dibuat, ada yang berbahan susu hingga teh.

Dikutip dari Food NDTV, berikut 5 minuman yang bisa meredakan sakit tenggorokan.

  1. Susu Kunyit

Susu kunyit merupakan racikan antara susu sapi sapi, kunyit, madu dan rempah-rempahan lainnya. Minuman ini mampu meredakan radang tenggorokan yang gatal. Cara membuatnya pun sangat mudah.

Cukup masak semua bahan, seperti susuh dan rempah-rempahan. Ketika mendidih, baru disajikan dengan madu. Dikutip dari The Spruce Eats minuman ini kaya akan antioksidan.

  1. Teh Jahe

Teh jahe juga bisa jadi pilihan minuman yang pasti untuk meredakan sakit tenggorokan. Cara membuatnya mudah, cukup rebus air bersama dengan jahe dan rempahan lainnya seperti kayu manis.

Kemudian masukkan teh, masak hingga berwarna kecoklatan. Setelah mendidih sajikan di gelas dan bisa ditambahkan dengan madu. Jahe memiliki sifat anti-peradangan yang mampu melawan infeksi dan virus.

Baca Juga  Rekomendasi 8 Olahraga Setelah Lebaran

3. Teh Peppermint

Teh peppermint mengandung spearmint, senyawa anti-inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan sehingga menenangkan sakit tenggorokan. Manfaatnya juga bisa didapatkan dari menghirup aroma teh peppermint.

Menurut ahli gizi, menghirup uap dari teh peppermint bisa mengobati hidung tersumbat. Cara membuatnya cukup dengan merebus air, teh dan daun peppermint. Kemudian bisa disajikan dengan tambahan madu.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile bisa meningkatkan relaksasi dan membuat kamu lebih rileks ketika tidur. Biasanya orang dengan jam tidur yang tidak cukup sangat berpeluang mengalami flu atau infeksi lainnya termasuk radang tenggorokan.

Selain itu, teh ini juga bebas dari kandungan kafein. Teh ini juga merupakan sumber antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh pulih lebih baik dari penyakit.

5. Air Hangat dan Lemon

Air hangat dan lemon ini mudah dibuat. Cukup masukkan air perasan jeruk lemon ke air hangat, kemudian tambahkan madu. Aduk hingga merata dan bisa langsung diminum.

Lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi sakit tenggorokan. Manfaat yang sama juga bisa didapatkan dari minum air jeruk hangat.(net)

Sumber: Detikfood

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img