Minggu, Juli 21, 2024
BerandaHeadlineFestival Malam Selikur 2023, Diikuti 13 RT di Kota Banjarbaru 

Festival Malam Selikur 2023, Diikuti 13 RT di Kota Banjarbaru 

Link, Banjarbaru – Festival Malam Selikur merupakan agenda tahunan Kota Banjarbaru, di bulan Ramadhan. Di malam Festival Selikur ini, identik dengan pelaksanaan festival lampion, dan menghias tanglong.

Seperti halnya tahun sebelumnya, tahun ini festival malam selikur pun dilaksanakan, tetapi pada tahun ini ada 18 peserta terdiri dari 18 RT di Kota Banjarbaru, yang ikut serta meramaikan festival malam selikur 2023 ini. Walaupun peserta, tak sebanyak seperti, tahun-tahun sebelum, namun pelaksanaannya tetap meriah.

“Festival malam selikur 2023 ini merupakan salah satu calender of event Banjarbaru, maka setiap tahunnya akan kami kembangkan dan sempurnakan setiap tahunnya,” ujar Said Abdullah Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, usai melepas juri festival malam selikur.

Ia mengatakan, bahwa dalam kegiatan ini yang dapat dimaknai adalah mengenai kebersamaan dan gotong royong. Karena di Kota Banjarbaru penduduknya heterogen, jika masyarakatnya bisa bersatu dan gotong royong itu bisa dibanggakan.

“Biasanya kan kalau di kota-kota itu orang-orangnya acuh, kami tidak mau itu ada di Kota Banjarbaru. Kamu ingin, masyarakat kota Banjarbaru bisa bersatu dan gotong royong,” tambahnya.

Untuk menambah minat peserta dalam mengikuti festival ini, Ia berencana akan menambahkan nominal hadiah. Sehingga, mereka yang ikut bisa merasakan hasil dari usaha mereka dalam berkreativitas.

“Kedepannya untuk menambah penyemangat peserta kita akan menambah nilai hadiahnya,” katanya.

Sementara itu, HE Benyamin Koordinator Festival Malam Selikur mengatakan dalam kegiatan tersebut, ada 19 juri yang terlibat. Diantaranya 5 orang dari pewadahan nanang galuh, 5 orang purna paskibraka, 5 orang KNPI dan 4 orang juri profesional. 

“Ke 19 juri ini nantinya akan berkeliling menilai hasil kreativitas dari masyarakat, yang menghiasi lingkungan mereka dengan lampion atau tanglong,” ujar Bang Ben -sebutan akrab-

Tahun ini festival malam selikur mengusung tema “Mendulang Hikmah Cahaya Ramadhan”. Tentunya dalam penilaian, tak luput dari ketersesuaian antara karya masyarakat dan tema. (wahyu/BBAM)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER