Rabu, Mei 22, 2024

Mudik Menyenangkan Dengan 7 Camilan Penunda Lapar Ini

Apa ya bekal yang cocok dibawa untuk perjalanan mudik? Simak rekomendasi camilan yang cocok untuk perjalanan jauh, terutama mudik 2023.

Perut lapar di tengah perjalanan jauh bukan hal aneh. Sangat penting membawa bekal yang tepat selama mudik. Ahli gizi Juwalita Surapsari menyarankan camilan yang rendah kalori.

“[Bekal] juga bisa makanan ringan kemasan yang mengandung energi tidak lebih dari 150 kalori dan tetap mengandung serat,” kata Juwalita sebagai mana silansir di CNNIndonesia.com.

Berikut camilan yang cocok untuk perjalanan jauh agar mudik tetap nyaman tanpa kelaparan.

  1. Buah potong

Camilan sehat berupa buah potong sangat direkomendasikan karena kandungan seratnya. Serat buah membantu perut kenyang lebih lama tanpa memasok kalori berlebihan buat tubuh.

Jenis buah yang bisa dibawa sebagai bekal antara lain apel, melon, semangka, stroberi, dan jeruk. Buah kaya kandungan air juga bisa sekaligus dijadikan sebagai sumber asupan cairan.

  1. Kacang-kacangan

Meski berukuran kecil, tapi kacang-kacangan mampu menyediakan nutrisi yang besar. Selain serat, kacang-kacangan mengandung lemak sehat, vitamin, dan mineral.

BACA JUGA  Jumlah Pemudik Lebaran Tahun Ini Dipastikan Naik

Seperti dikutip dari Good Housekeeping, beberapa jenis kacang direkomendasikan untuk camilan seperti walnut, pistachio, almond, dan kacang tanah.

Namun perlu diingat, sebaiknya pilih kacang-kacangan tanpa kandungan garam tambahan.

  1. Jagung rebus

Selain buah, sayuran juga direkomendasikan untuk dijadikan bekal. Salad mungkin cukup sulit dibawa karena kesegarannya berkurang, apalagi untuk dibawa perjalanan jauh.

Oleh karenanya, jagung rebus bisa menggantikan salad. Jagung yang sudah direbus matang, dikupas dari kulitnya, lalu dipotong jadi ukuran lebih kecil. Kandungan karbohidratnya bisa memberikan tubuh energi yang cukup.

  1. Susu low fat

Protein juga berfungsi memberikan rasa kenyang, seperti halnya karbohidrat dan serat. Anda bisa memperoleh protein dari susu rendah lemak.

“Produk susu rendah lemak adalah sumber protein dan kalsium yang baik,” ujar edukator kesehatan Laura Catalusci, mengutip dari Everyday Health.

  1. Biskuit gandum
BACA JUGA  Presiden Pimpin Ratas Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak

Karbohidrat kompleks adalah salah satu camilan yang cocok untuk perjalanan jauh. Berbeda dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga tubuh memperoleh energi lebih lama.

Anda tidak harus membawa nasi merah selama perjalanan mudik. Biskuit gandum pun mengandung karbohidrat kompleks dan praktis dibawa.

  1. Granola bar

Tidak semua camilan dalam kemasan buruk buat tubuh. Anda bisa membawa granola bar yang mengandung kacang-kacangan, oatmeal, serta komponen lain. Sebaiknya pilih yang rendah kandungan gula tambahan.

  1. Sandwich

Kadang camilan yang cocok untuk perjalanan jauh dirasa kurang mengenyangkan. Perlu camilan yang bisa mengenyangkan nyaris setara dengan nasi. Barangkali, sandwich atau roti isi bisa masuk dalam daftar.

Setangkup roti bisa benar-benar bikin kenyang dan kaya nutrisi dengan isian telur, keju, tomat, dan selada. Telur pun bisa diganti sumber protein lain seperti dada ayam panggang. (net)

Sumber: CNNIndonesia.com

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER