Rabu, April 24, 2024

OPOP, Didampingi Gubernur Wapres Terkesan Puas

Link, Banjarbaru – Didampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin terkesan puas, dengan aneka produk hasil karya pesantren yang dipamerkan dalam One Pesantren One Produk (OPOP) Expo Kalsel 2022 yang digelar di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru.

Usai membuka gelaran OPOP Expo Kalsel yang memiliki tagline Pesantren Berdaya, Umat Sejahtera itu, Wapres didampingi Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor meninjau beberapa stand yang terletak di sisi utara acara peresmian, Kamis (11/8) 2022.

Saat berada di sejumlah stand, Wapres yang mendapat penjelasan terkait aneka produk olahan pesantren yang telah dijual di pasaran. Aneka olahan pesantren yang kini telah dijual seperti madu, makanan ringan, kemasan albumin hingga aneka kerajinan.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, mendukung penuh program One Pesantren One Product (OPOP) di Kalimantan Selatan. Karena potensi ekonomi dan pemberdayaan secara kelembagaan ponpes, santri dan alumni, sangat jelas tercermin dalam program OPOP,” ujar Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor.

Menurut Paman Birin, program OPOP ini sangat relevan dan selaras dengan masyarakat Kalimantan Selatan yang mayoritas beragama Islam, serta memiliki pondok pesantren di 13 Kabupaten/Kota se- Kalimantan Selatan.

Baca Juga  Kalsel Waspadai Kemunculan HPAI Ancam Peternakan

Disampaikan Paman Birin, saat ini, ada 34 pondok pesantren di Kalimantan Selatan yang tergabung dalam OPOP. Masing-masing dikelompokkan ke dalam kluster usaha yang bervariasi, seperti kluster jasa, makanan dan minuman, perdagangan, fashion, kerajinan, perikanan, pertanian dan peternakan.

Usai pembukaan, Pamang mendampingi Wapres untuk berkeliling stand. Wapres pun sempat dilihatkan kemasan minuman kopi oleh Paman Birin. Minuman olahan kopi itu salah satu produk olahan kerjasama dengan para pondok pesantren.

Tak itu saja, pada kesempatan itu, Wapres juga melihat olahan kain sasirangan dengan motif tradisonal yang menggunakan pewarna alami.

“Alhamdulilah. Stand kami mendapat kunjungan Pak Wapres dan Paman Birin. Stand ini menjual aneka produk olahan pesantren yang ada di Kalsel,” kata Imam, penjaga stand OPOP.

Iman menjelaskan, aneka produk olahan pesantren ada di standnya. Baik itu makanan ringan, minuman dan madu hingga aneka kerajinan.

Selain stand yang memamerkan aneka produk pesantren, stand OPOP Expo Kalsel ini juga diisi berbagai mitra yang saat ini telah bekerjasama dengan pesantren. Seperti Bank Indonesia dan Bank Kalsel.(wahyu/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img