Minggu, Maret 3, 2024

Paman Birin Ajak Optimalkan Penyerapan Dana Anggaran 2024

Link, Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Transfer Alokasi Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 kepada lembaga/pemerintah di 13 kabupaten/kota se-Kalsel di Gedung DR KH Idham Chalid Setdaprov di Banjarbaru pada Jumat (1/12)

DIPA 2024 yang diserahkan kepada kementerian/lembaga dan kabupaten/kota se-Kalsel sebesar Rp 37,78 triliun atau naik Rp 6,4 triliun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, mengajak para kepala daerah dan pimpinan satker/SKPD serta seluruh peserta kegiatan ini agar segera melakukan langkah optimalisasi penyerapan anggaran 2024 ini.

“Harapanya anggaran tersebut tepat sasaran dan tepat waktu sesuai tugas pokok dan fungsi kita masing-masing,” ujarnya.

Menurut Birin, penyerahan DIPA K/L dan daftar alokasi TKDD ini sangat penting untuk menjadi acuan bagi para menteri, pimpinan lembaga, dan kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif di 2024 nanti.

Baca Juga  Peserta Silatnas Suskapin Diajak Tanding Futsal Paman Birin

Bahkan secara khusus Presiden juga menyampaikan pesan kepada kepala daerah untuk serius memperhatikan pergerakan inflasi di daerah masing-masing secara detail dari waktu ke waktu, penurunan stunting serta mempercepat realisasi belanja.

Sementara itu, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Syafriadi memaparkan perkembangan APBN 2022 s/d 30 Nopember 2023.

Syafriadi mengatakan meskipun menghadapi situasi global saat ini, Pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Selatan triwulan III-2023 masih tetap menujukkan pertumbuhan sebesar 5,57 Persen (year on year).

“Ditengah gejolak ekonomi global, instabilitas geo politik, inflasi, dan kenaikan suku bunga, tekanan arus modal, serta el nino yang kalau dilihat dilapangan Pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Selatan triwulan III-2023 masih tetap menujukkan pertumbuhan,” sebutnya. (wahyu/BBAM)

BERITA POPULER