Jumat, Juni 14, 2024
BerandaHeadlinePaman Birin Lepas Pemudik Gratis Pemprov Kalsel 

Paman Birin Lepas Pemudik Gratis Pemprov Kalsel 

Link, Banjarmasin – Dengan shalawat, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin lepas rombongan armada mudik gratis yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, pada Rabu (19/4) pagi.

Pada pelepasan yang dilaksanakan di halaman Eks Kantor Gubernur Kalsel Banjarmasin Paman Birin berpesan agar semua pemudik, dan terutama driver dapat berhati-hati selama perjalanan.

“Kita sangat bahagia dan gembira melihat bapak dan ibu yang akan pulang kampung. Dan pesan kita tentu saja agar tetap menjaga keselamatan keamanan dalam perjalanan. Terlebih khusus kepada driver, supaya tetap selalu berhati-hati dalam perjalanan,” pesannya. 

Disampaikan Paman Birin, kenyamanan perjalanan mudik armada gratis kali ini sangat ditentukan oleh drivernya. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar driver dapat selalu menjaga kenyamanan perjalanan para pemudik yang menggunakan armada gratis ini.

“Driver tolong diperhatikan selama dalam perjalanan, kalau memang ada hambatan, kecepatan dikurangi agar penumpang merasa nyaman di dalamnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini pula, dirinya terlebih dahulu mengucapkan selamat lebaran kepada para masyarakat yang berhadir pada acara pelepasan kali ini. 

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemprov Kalsel mengucapkan selamat jalan, selamat berlebaran, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Semoga perjalanan bapak-ibu bisa menyenangkan, dan sampai di tujuan dengan selamat. Himbauan saya kepada masyarakat menjelang lebaran ini, memang Idul Fitri adalah hari kegembiraan. Mari kita bergembira, namun tentu saja gembiranya jangan berlebihan,” ujarnya.

Paman Birin berharap di tahun yang akan datang, armada mudik gratis ini dapat semakin bertambah, agar dapat membawa manfaat bagi lebih banyak masyarakat yang akan pulang kampung jelang lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, Fitri Hernadi ditemui usai acara pelepasan mengatakan bahwa ada sekitar 60% armada dari total 45 armada yang dikerahkan pada mudik gratis kali ini. 

“Ada sekitar 60% armada di eks Kantor Gubernur ini dan sisanya ada di Banjarbaru, yaitu di Kantor BKD dan Dinas Koperasi dan UKM. Setelah pelepasan, Insya Allah akan kita sesuaikan dengan jumlah yang akan menampung pemudik sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan, yaitu 675 orang,” sampainya. 

Fitri mengatakan bahwa para pengguna armada mudik gratis tahun 2023 ini masing-masing sudah mendapatkan validasi dan tiket elektronik, dan sudah ditentukan tempat duduknya masing-masing. 

Dirinya juga menyampaikan armada yang akan mengangkut masyarakat secara gratis selama dua hari yaitu hari ini dan esok ini khusus untuk perjalanan pergi saja. 

“Khusus untuk pergi saja. Karena kita berbagi rezeki dengan teman-teman organda dan angkutan modal lain, sehingga kita bisa turut menurunkan inflasi di sektor transportasi,”ujarnya. (tri)

BERITA LAINNYA

POPULER