Minggu, Juli 21, 2024
BerandaHeadlinePeringati HPSN 2023 Pemprov Gelar Jambore Aksi Bersih Sungai

Peringati HPSN 2023 Pemprov Gelar Jambore Aksi Bersih Sungai

Link, Banjarmasin – Pemprov Kalsel melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Jambore Aksi Bersih Sungai yang merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di kawasan Taman Teluk Kelayan Kelurahan Kelayan Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin, Jumat (24/02).

Acara dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar, Ketua TP PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor, dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemprov.

Paman Birin dalam sambutannya yang dibacakan Sekdaprov, mengapresiasi para aparatur, jajaran TNI dan Polri, para pegiat lingkungan, mahasiswa, dan masyarakat, yang berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan HPSN 2023 ini.

Paman Birin berharap, kegiatan dapat kembali membangkitkan semangat, meneguhkan komitmen semua, untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Diketahui peringatan HPSN yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, dilatarbelakangi kejadian longsornya tumpukan sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, yang mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia.

Dari peristiwa ini harus disadari, tidak hanya kebakaran, banjir, gempa, atau lainnya, tetapi sampah juga bisa menjadi bencana.

Maka dari itu, Paman Birin menyampaikan mulai sekarang, ke depan, hingga masa yang akan datang, persoalan sampah ini harus terus menjadi perhatian dan kepedulian semua. Terlebih di masa sekarang dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka produksi sampah juga akan semakin meningkat.

Pengelolaan sampah sudah menjadi keharusan, dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian memilih dan memilah sampah, sehingga sampah bisa berkurang, dan bahkan bisa bermanfaat kembali dalam wujud yang berbeda.

Sebagaimana tema besar dalam peringatan HPSN tahun 2023 ini, yaitu “Tuntas kelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat”.

Di momen HPSN tahun ini, bersama sama melaksanakan bersih sungai serentak di sepanjang Sungai Martapura.

Persoalan sampah yang menyelimuti sungai-sungai, masih menjadi persoalan tersendiri dan harus menjadi perhatian semua, termasuk Kota Banjarmasin dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai, tidak luput dari permasalahan sampah.

“Menjadikan sungai bebas sampah harus menjadi budaya kita. Mari bersama jaga sungai kita dari sampah. kita perlu saling mengingatkan, bahwa sungai bukan tempat sampah,” ujarnya.

Jambore ini merupakan aksi nyata sebagai bentuk kepedulian bersama terhadap sampah di sungai.

“Mari kita jaga sungai yang berkualitas baik, untuk dimanfaatkan generasi ke generasi,” ajak Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana dalam laporannya menyebutkan, Jambore Aksi Bersih Sungai dilakukan serentak di 20 titik yang mencakup wilayah Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin.

Kegiatan melibatkan instansi pemerintah, sekolah, TP PKK, dan lainnya. Hanifah Dwi Nirwana juga mengatakan, saat ini yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah kesadaran masyarakat untuk merubah pola pikir agar tidak membuang sampah ke sungai.

Untuk itu, upaya yang akan dilakukan selain sosialisasi kepada masyarakat, DLH Kalsel akan menambah bang sampah sebanyak 20 unit di sepanjang sungai Martapura.

Hal itu, guna menambah kesadaran masyarakat akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan namun sampah bisa diolah kembali dan bernilai ekonomi.

“Kita sudah MoU dengan bang sampah induk dan bang sampah unit agar bisa meningkatkan kapasitasnya, kita juga minta dukungan dari bank Kalsel,” jelas Hanifah.

Kegiatan juga diisi dengan penyerahan kubus apung secara simbolis kepada Kepala Desa Keramat Kabupaten Banjar, penyerahan NIB kepada Bank Sampah Martapura Asri, penandatanganan MoU antara DLH Provinsi Kalsel dengan Bank Kalsel, penandatanganan MoU antara Bank Sampah Induk Sekumpul dengan Bank Sampah Martapura Asri Kabupaten Banjar, penandatanganan MoU antara Bank Sampah Induk Banjarmasin dengan Bank Sampah Martapura Asri Kota Banjarmasin.

Masih di acara yang sama, dilakukan penanaman pohon di area Taman Teluk Kelayan dan peninjauan area jambore aksi bersih sungai oleh Sekdaprov didampingi Kepala DLH Kalsel. (why)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER