Minggu, Juli 21, 2024
BerandaLink3FLima Bumbu Dapur Yang Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Lima Bumbu Dapur Yang Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Linkalimantan.com-Penderita diabetes perlu mengontrol makanan, termasuk kandungan nutrisinya serta bahan yang dipakai. Agar tetap aman, coba gunakan 5 bumbu dapur ini.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dari meningkatnya kadar gula darah di atas normal. Biasanya penderita diabetes tidak mampu mengambil glukosa ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Akhirnya glukosa itu hanya akan menumpuk di dalam aliran darah tubuh.

Bagi penderita diabetes, pola makan dan pemilihan menu makanan sangat penting diperhatikan. Sekalipun mengonsumsi makanan sehat, namun olahan masakannya juga harus menggunakan bumbu dapur yang tepat.

Jika ingin membuat masakan sendiri, pastikan untuk menggunakan bumbu dapur yang sehat dan lezat agar kadar gula darah tetap terjaga.

Merangkum popsdiabetes.com (26/10/2021), berikut 5 bumbu dapur yang aman dan berkhasiat untuk penderita diabetes:

  1. Bawang Putih

Dalam banyak hidangan, bawang putih kerap dipakai sebagai penambah rasa serta membuat aroma masakan menjadi lebih harum. Namun dalam waktu yang sama, rupanya bawang putih juga bisa menjaga kadar gula darah sehat.

Bagi penderita diabetes, bawang putih bisa menurunkan kadar glukosa darah dan mengurangi komplikasi akibat diabetes. Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antinflamasi, anti oksidan, dan antivirus yang mampu melawan berbagai macam penyakit.

Manfaat bawang putih bagi kesehatan memang banyak. Bahan makanan ini juga dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Tak heran jika sebagian orang suka mengonsumsi bawang putih untuk kesehatan.

  1. Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah kaya khasiat sejak dulu. Tanaman rempah ini memang memiliki banyak manfaat sehat jika dikonsumsi.

Selain menambah rasa pedas, ada manfaat yang signifikan pada jahe yang diolah dalam makanan atau minuman.

Penderita diabetes bisa mencari metode pengendalian gula darah yang lebih alami dengan mengonsumsi jahe. Jahe bersifat anti-diabetes, hypolipidemik, dan antioksidatif. Jahe bisa ditambah ke dalam masakan atau ke dalam racikan minuman seperti teh atau kopi.

Bahkan menambahkan parutan jahe segar ke dalam makanan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengatur kadar gula darah dengan baik.

  1. Kunyit
Baca juga  Beberapa Efek Samping Meminum Kopi Setelah Makan

Kunyit menjadi bumbu yang bisa memberikan rasa luar biasa pada masakan. Sebenarnya ada manfaat lebih dari kunyit. Kunyit dapat sekaligus membantu mengendalikan kadar gula darah tinggi. Di dalam rempah ini terdapat efek anti-inflamasi, antioksidan, dan anti aterosklerotik yang berfungsi sebagai pelindung jantung.

Bagi penderita diabetes, kunyit juga dapat mengelola kadar gula darah mereka dan meminimalkan efek samping tambahan dari penyakit kronis ini. Salah satu kandungan bermanfaat pada kunyit, kurkumin.

Kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan yang dapat berkhasiat untuk menghilangkan berbagai jenis gangguan kesehatan. Penderita diabetes bisa menaburkan kunyit pada masakan mereka atau mencampurkannya ke air hangat atau teh.

  1. Kayu Manis

Kayu manis menjadi bumbu dapur lain yang punya manfaat bagi kesehatan. Secara khusus, rempah harum ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kegunaan kayu manis yang paling umum mungkin sebagai pemberi rasa manis hangat pada masakan seperti adonan roti atau minuman kopi dan teh. Tetapi manfaatnya lebih dari itu.

Kayu manis baik dikonsumsi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Kayu manis juga mengandung polifenol yang dapat melawan penyakit. Rempah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi radang atau pembengkakan.

Selain menjadi bahan pelengkap pada masakan, kayu manis bisa menjadi pengganti gula pada racikan minuman seperti kopi atau teh.

  1. Rosemary

Rosemary sering ditambah sebagai bahan pelengkap dalam memasak steak. Tambahan rosemary itu dapat membuat steak lebih harum dan menambah sedikit rasa.

Namun sejak dulu, rosemary memang sudah dikenal dapat meningkatkan daya ingat, mengobati rasa sakit, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Bagi penderita diabetes, rosemary bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan kadar trigliserida. Secara keseluruhan, konsumsi rosemary juga dapat membantu mengelola diabetes serta membantu memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Rosemary bisa ditambah pada makanan seperti saus pasta, bumbu marinasi, atau ditaburkan ke beberapa sayuran segar. (net)

Sumber: detikfood

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER