Minggu, April 21, 2024

Persiapan MTQ Ke-35 Tingkat Provinsi Kalsel Diharapkan Maksimal 

Link, Tapin – Persiapan MTQ ke-35 Tingkat Provinsi yang digelar di Kabupaten Tapin diharapkan dapat dilakukan secara maksimal.

Hal tersebut disampaikan Paman Birin melalui Plt. Karo Kesra Setda Prov, Ahmad Solhan saat menghadiri Launching MTQ ke-35 Tingkat Provinsi Kalsel di Aula Tamasa, Kantor Setda Tapin, Kabupaten Tapin, rabu (27/3) pagi.

“Semoga momentum launching ini, dapat menjadi motivasi, dan semangat lebih bagi Kabupaten Tapin, untuk terus bekerja, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Sehingga pelaksanaan MTQ, yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 April hingga 2 Mei 2024, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Mulai dari persiapan, pembukaan, pelaksanaan, hingga penutupan nanti,” pesan Paman Birin.

Paman Birin pun bersyukur, pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi ini dapat secara rutin diselenggarakan setiap tahun.

“Bahkan di tahun 2022 lalu, kita sukses menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional ke-29. Dan itu menjadi sejarah bagi banua kita, karena setelah sekian lama, sekitar setengah abad kita kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional,” ungkapnya.

Paman Birin juga merasakan, gelaran MTQ ini memiliki ikatan yang erat dengan banua Kalimantan Selatan.

“Terlebih, gelaran MTQ ini selaras dengan suasana banua kita, yang dikenal sebagai banua yang religius, banua yang banyak lahir para alim ulama. Selain itu, gelaran MTQ Nasional Tingkat Provinsi ini juga sangat dicintai masyarakat, sehingga gelaran MTQ ini juga dapat kita jadikan sebagai salah satu wahana, untuk menunjukkan daya saing daerah,” jelasnya.

Oleh karena itu, Paman Birin berharap, perhelatan MTQ di tingkat banua Kalimantan Selatan, dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menjadi catatan sejarah yang dapat dengan bangga diwariskan ke generasi muda.

“Sekali lagi saya harapkan kepada Pemerintah Kabupaten Tapin, termasuk di dalamnya para panitia penyelenggara, serta masyarakat, agar dapat mempersiapkan gelaran MTQ Nasional Tingkat Provinsi Tahun 2024 ini dengan sebaik-baiknya. Jadilah tuan rumah yang baik dan membanggakan, yang dapat melahirkan qari dan qari’ah, serta duta MTQ lainnya, yang diharapkan dapat menjadi generasi penerus, serta dapat menjadi andalan Kalimantan Selatan di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

Baca Juga  Paman Birin Berhasil Perjuangkan Akses Baru Menuju Bandara

Paman Birin menambahkan, gelaran MTQ ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besar bagi masyarakat Kabupaten Tapin.

“Semoga dengan gelaran MTQ ini, dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Tapin, khususnya dalam bidang keagamaan, ekonomi, dan sosial budaya,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Tapin, Syarifuddin dalam sambutannya mengatakan Launching ini merupakan salah satu bentuk publikasi sekaligus penanda kesiapan Kabupaten Tapin sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat provinsi Kalsel.

“Alhamdulillah, persiapan MTQ ke-35 tingkat Provinsi Kalsel di Tapin sudah berjalan aman, lancar, dan sukses. Kami mendapat dukungan dari semua pihak, baik pemerintah daerah, masyarakat, maupun para kafilah,” ujar Syarifuddin.

Lebih lanjut, Syarifuddin berharap pelaksanaan MTQ ini dapat meningkatkan fasilitas keagamaan di Kabupaten Tapin dan menjadi bentuk dakwah yang efektif untuk menyebarkan nilai-nilai Al-Quran di tengah masyarakat.

“Dengan launching ini, kami ingin menyemarakkan dan meningkatkan gaung MTQ ke-35 tingkat Provinsi Kalsel di Tapin. Kami berharap seluruh masyarakat Kalsel dapat berbondong-bondong datang ke Rantau untuk menyaksikan dan memeriahkan acara ini,” tuturnya.

Diketahui, MTQ ke-35 tingkat Provinsi Kalsel akan diselenggarakan di Kabupaten Tapin pada tanggal 24 April hingga 2 Mei 2024, Sebanyak 11 cabang lomba akan diperlombakan dalam MTQ kali ini, yang tersebar di seluruh wilayah Tapin.

Kota Rantau sendiri tercatat telah tiga kali menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ tingkat provinsi.

Persiapan MTQ di Tapin telah berlangsung intensif sejak November 2023. Pj Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, optimis bahwa Tapin dapat menjadi tuan rumah yang baik dan sukses menyelenggarakan MTQ ke-35 tingkat Provinsi Kalsel.

Hadir pada acara tersebut Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tingkat Kabupaten Kota se-Kalsel, Kemenag Wilayah Kalsel, MUI serta Forkopimda Kabupaten Tapin. (tri)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img