Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaHeadlinePesawat Jatuh di BSD Tangsel dari Indonesia Flying Club

Pesawat Jatuh di BSD Tangsel dari Indonesia Flying Club

Link, Jakarta – Sebuah pesawat jatuh di kawasan lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada pukul 2 siang tadi. Kondisi pesawat pun hancur dan ada laporan korban jiwa.

Adanya pesawat jatuh ini dibenarkan oleh Kepala Seksi Operasi (Kasiop) Badan SAR Nasional (Basarnas) DKI Jakarta, Agung Priambodo. Agung mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Dari foto yang beredar, ada korban tergeletak.

“Iya. Ini pesawat Cessna, pesawat latih. Kita juga sedang menuju lokasi,” kata Kepala Seksi Operasi (Kasiop) Badan SAR Nasional (Basarnas) DKI Jakarta, Agung Priambodo, kepada wartawan, Minggu (19/5/2024).

Berdasarkan informasi yang diterima, jenis pesawat yang jatuh adalah PK-IFP. Pesawat sempat hilang kontak sebelum jatuh.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan pesawat latih itu dari Indonesia Flying Club. Saat ini Kemenhub masih mengumpulkan informasi terkait kecelakaan ini.

“Itu bukan pesawat (dari Sekolah Penerbangan) Curug, tapi Indonesia Flying Club,” kata Adita.

Pesawat ini awalnya take off dari Bandara Pondok Cabe.

“Take off Bandara Pondok Cabe sekira pukul 11.36 WIB,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi.

Pesawat sempat landing di Bandara Khusus Salakanegara, Pandeglang, Banten. Lalu saat kembali ke Bandara Pondok Cabe, pesawat itu jatuh di sekitar Lapangan Sunburst, BSD.

Baca juga  Alami Kerusakan, Pesawat JH Embarkasi Sudiang Makassar Putar Balik

“Landing Tanjung Lesung, Bandara Salakanegara (ground time, pemberitahuan sebelum take off dari Tanjung Lesung sekitar pukul 13.10 WIB,” katanya.

“Lanjut take off kembali dari Tanjung Lesung ke Pondok Cabe,” tambahnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan terdapat 3 korban jiwa dari kecelakaan ini. Para korban meninggal akan dibawa ke RS Polri Kramat Jati.

Kemenhub mengatakan pesawat itu berisi tiga orang yang terdiri dari penerbang hingga penumpang.

” Pesawat PK-IFP dengan 3 orang onboard (1 penerbang, 1 engineer, dan 1 penumpang) dan saat ini masih dalam proses evakuasi di lokasi,” kata Jubir Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (19/5/2024).

Pesawat terjatuh di BSD terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Kemenhub mengatakan pesawat latih itu milik Indonesia Flying Club.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menerima laporan terkait Pesawat Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia) yang jatuh di daerah BSD Tangerang Selatan sekitar pukul pukul 14.30 WIB, Minggu, 19 Mei 2024,” ujar Adita. (spy)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER