Jumat, April 12, 2024

Portugal vs Uruguay, Potugal Bungkus 3 Poin

PORTUGAL mengalahkan Uruguay di matchday 2 Grup H untuk memastikan langkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Skuad Fernando Santos membungkus 3 poin lewat kemenangan 2-0.

 

Dilansir dari https://www.bola.net/ kali ini, kedua gol Portugal dicetak oleh sang gelandang kreatif, Bruno Fernandes. Bruno membuka keunggulan di menit ke-54, lalu mencetak gol penalti di menit ke-90+3 untuk mengunci kemenangan Portugal.

 

Kemenangan ini memang layak dibungkus Portugal, tapi ada sedikit cerita unik soal gol pertama Bruno. Saat pertama kali disahkan, gol tersebut dihitung sebagai gol Ronaldo.

 

Ronaldo bahkan sempat merayakan gol tersebut dan melakukan selebrasi. Namun, pada akhirnya gol tersebut disahkan atas nama Bruno Fernandes, Ronaldo terbukti tidak menyentuh bola.

 

Proses gol pertama Portugal ini bermula dari pergerakan Bruno di sisi kiri. Gelandang Manchester United itu lantas mengecoh bek lawan dan mengirim umpan lambung ke kotak penalti.

 

Umpan tersebut jelas dimaksudkan Bruno untuk memanjakan Ronaldo. Penyerang senior Portugal itu lantas melompat tinggi dan bermaksud membelokkan bola dengan sundulannya.

 

Bola pun meluncur ke tiang jauh gawang Uruguay. Kiper lambat bereaksi, Ronaldo pun melakukan selebrasi. Saat itu, sepertinya bola memang disundul Ronaldo.

 

Biar begitu, tayangan ulang dari berbagai sisi membuktikan bahwa Ronaldo sama sekali tidak menyentuh bola. Nama pencetak gol pun diubah dan diberikan kepada Bruno Fernandes.

 

Ronaldo Dibicarakan

Reaksi Ronaldo di pertandingan itu pun disorot. Pemain 37 tahun ini beberapa kali mencoba bicara dengan wasit dan menegaskan bahwa dia memang menyentuh bola.

 

Sikap Ronaldo itu lantas jadi bahan gunjingan di media sosial. Bahwa dia seolah-olah sangat putus asa untuk memastikan bahwa gol tersebut tertulis atas namanya.

Baca Juga  Portugal Gagal Jadi Juara Dunia, Cristiano Ronaldo Kecewa

 

Ronaldo bahkan melakukan selebrasi khasnya ketika sampai di ujung lapangan. Ia melompat dan berteriak SIU ketika mendarat ke tanah.

 

Para pemain lain tampak bahagia dengan gol yang awalnya dikira dicetak oleh Ronaldo. Bruno yang awalnya dikira sebagai pemberi assist juga ikut senang dengan gol tersebut.

 

Selepas selebrasi dan kembali ke wilayah lapangan sendiri, Ronaldo terus mengeluarkan ekspresi bahagianya karena sudah mencetak gol.

 

Menariknya, setelah pertandingan, Bruno sendiri mengaku bahwa dia tidak berniat mencetak gol sendiri. Saat itu bolanya memang dimaksudkan Bruno untuk Ronaldo.

 

Dalam wawancara seusai pertandingan, Fernandes sendiri mengaku tidak keberatan mengakui bahwa gol itu milik Ronaldo.

 

Ia menyebut bahwa niatan awalnya adalah memberikan umpan ke Ronaldo. Ia berharap umpan silangnya itu bisa disundul sang pemain.

 

Namun ternyata FIFA sudah mengesahkan gol itu milik Fernandes, jadi perdebatan mengenai siapa pemilik gol tersebut bisa diakhiri.

Tanpa Ronaldo, Gak Akan Jadi Gol!

Perdebatan soal pencetak gol ini sebenarnya tidak begitu penting. Portugal tetap menang dan berhasil lolos ke babak 16 besar.

 

Setelah pertandingan, pernyataan FIFA juga diperkuat oleh Adidas sebagai suplier bola. Berdasarkan sensor yang terhubung dengan bola, terbukti tidak ada reaksi apa pun saat Ronaldo coba menyundul.

 

Keputusan FIFA sudah tepat, gol tersebut memang gol Bruno, Portugal pun tetap membungkus kemenangan. Namun, peran Ronaldo tetap tidak bisa diabaikan dalam proses gol tersebut.

 

Ronaldo ada di posisi berbahaya yang membuat kiper waspada, sehingga terlambat bereaksi untuk mencegah arah bola yang ternyata tidak berubah. Tanpa Ronaldo di situ, tendangan Bruno tidak akan jadi gol. (link/net/AP)

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img