Minggu, April 21, 2024

Sebentar Lagi Ramadhan, Musim Alquran pun Tiba

Bismillahirrahmannirrahim
Marhaban Ya Ramadan! Selamat datang bulan yang suci. Tinggal menghitung hari, kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Tibalah saatnya kita memasuki waktu yang sangat spesial dan Istimewa untuk membaca, mengkaji dan merenungkan isi Alquran dengan lebih mendalam dan khidmat. Itu karena Ramadhan adalah Musim Alquran

Safariyansyah, Budayawan Spiritual
Mencari yang Hilang Memelihara yang Terlupakan

Pesta demokrasi Pemilu 2024 telah usai. Kita semua tinggal menunggu hasil siapa saja yang akan masuk dalam jajaran pemerintahan NKRI tercinta ini. Alhamdulillah, panasnya suhu politik tak lantas membuat perpecahan ummat. Terlebih tak berapa lama lagi Musim Alquran di Bulan Ramadhan 1445 H tiba.

Pesta telah usai, kini saatnya kita mempersiapkan diri untuk memaksimalkan ibadah di bulan suci yang juga dikenal dengan istilah Musim Alquran ini.

Berada di bulan Ramadhan bulan yang mulia, bulan dimana dilipatgandakan pahala amal sholeh kita disisi Allah. Bulan dimana diturunkanna Alqur’an, maka indah kiranya bila setiap hari, kita bersama sarma merenungkan kandungan isi Alqur’an selain membaca dan mengkajinya. Kita juga ber tadabbur “(proses atau upaya untuk memahami, merenung dan menelaah makna ayat-ayat Alqur’an dengan mendalam dan sungguh-sungguh atau juga menghayat dan meresapi isi kandurigan ayat Alqur’an. Sehingga pemahaman kita tentang Alquran dapat lebih dalam dan berkualitas.

Baca Juga  Petunjuk yang Benar dan Sempurna Hanya Dari Allah SWT

Tadabbur sangat penting dan memungkinkan kita untuk memperoleh berbagai hikmah dan pelajaran yang terkandung di dalamnya. Sehingga kita dapat mengambil manfaat &  menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena juga merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Melalui tadabbur pula kita dapat menggali kearifan dan kebijaksanaan yang terkandung di dabartı Alqur’an, serta meningkatkan pemahartian dan keimanan kita)”.

“Segala sesuatu ada musimnya dan musimnya Alqur’an adalah Bulan Ramadhan”.

Kalimat hadits ini mengandung makra bahwa setiap perkara di alam semesta ini memiliki waktu atau musim tertentu yang sesuai dengan Sifat atau karekteristikinya.

Begitu juga dengan Alquran, meskipun Alqur’an adalah kitab suci yang keberadaannya selalu relevan dan berlaku sepanjang masa, namun bulan Ramadhan memiliki nilai dan keutamaan tersendi.

Sebagai musim Alqur’an, Bulan Ramadhan merupakan waktu yang sangat spesial dan Istimewa untuk membaca, mengkaji dan merenungkan isi Alquran dengan lebih mendalam dan khidmat. Oleh karena itu pada bulan Ramadhan umat muslim banyak yang memperbanyak amalan ibadah, termasuk membaca dan mempelajari Alqur’an lebih banyak dari biasanya.

Afwan
Wassalam

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img