Kamis, September 21, 2023
Google search engine
BerandaLink3FSelain Enak 5 Makanan Dan Minuman Ini Bisa Cegah Bau Mulut

Selain Enak 5 Makanan Dan Minuman Ini Bisa Cegah Bau Mulut

Bakteri pada mulut dapat menyebabkan aroma tak sedap yang mengganggu. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan enak yang bisa dikonsumsi guna menyegarkan mulut. Bakteri menjadi salah satu penyebab aroma tak sedap pada beberapa anggota tubuh.

Termasuk salah satunya adalah mulut yang dapat membuat lawan bicara merasa tak nyaman dan terganggu.

Menjaga kebersihan mulut menjadi cara paling utama yang harus dilakukan untuk meminimalisir aroma tak sedap. Menyikat gigi secara rutin hingga menggunakan obat kumur dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau dariĀ  mulut.

Ternyata ada beberapa makanan yang juga direkomendasikan oleh ahli kesehatan mulut dan gigi untuk menghindari bau mulut. Makanan-makanan enak ini dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Berikut ini 5 makanan dan minuman enak untuk mengatasi mulut bau menurut Bloor West Smiles:

  1. Buah dan sayur

Buah dan sayuran memiliki kadar serat yang tinggi yang sering dipercaya baik untuk menyehatkan pencernaan. Ternyata kehadiran serta pada buah dan sayuran juga baik untuk menjaga kesehatan mulut.

Serat pada buah dan sayur bekerja selayaknya sikat gigi yang membantu membersihkan rongga mulut. Buah dan sayur dapat membantu memproduksi air liur dan melancarkan makanan masuk ke dalam rongga pencernaan.

Buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat juga banyak yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C ini dibutuhkan untuk melawan bakteri dan mengatasi bau mulut.

  1. Yogurt

Yogurt yang segar banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan maupun campuran berbagai sajian seperti smoothie atau yogurt bowl. Tidak hanya baik untuk pencernaan, yogurt ternyata juga dapat membantu mengatasi bau mulut.

Menurut The International & American Associations for Dental Research mengonsumsi 85 gram yogurt sehari dapat memberikan banyak manfaat sehat. Salah satunya adalah mengurangi hidrogen sulfida yang dapat menyebabkan bau mulut.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin D pada yogurt yang dapat menekan pertumbuhan bakteri. Konsumsi yogurt secara rutin juga dapat membuat mikrobiota di dalam usus menjadi lebih sehat.

  1. The

Secara teknis, teh tidak termasuk ke dalam makanan karena dinikmati dengan cara diseduh dan diminum. Teh juga lebih banyak dikonsumsi sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh.

Teh memiliki komponen antioksidan yang dapat membantu mengatasi mulutbau. Terutama pada teh hijau dan teh hitam yang dikenal memiliki antioksidan lebih tinggi dari jenis teh lainnya.

Tetapi perlu diwaspadai jika mengonsumsi teh berlebihan juga dapat menyebabkan mulut kering dan membuat bau mulut semakin parah. Mengimbangi konsumsi air mineral tetap perlu dilakukan untuk menjaga dehidrasi.

  1. Air mineral

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghindari bau mulut adalah dengan mencukupi kebutuhan hidrasi. Walaupun terdengar sederhana tetapi air mineral dapat membantu membersihkan rongga mulut.

Menurut ahli gigi dan mulut ada waktu yang penting untuk minum air demi mencegah bau mulut yaitu setelah makan. Sisa makanan menjadi tempat yang paling baik untuk bakteri tumbuh dan menyebabkan bau mulut.

Minum air mineral minimal dua liter sehari sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga fungsi organ tubuh, mencukupi kebutuhan cairan hingga mencegah bau mulut.

  1. Cokelat

Rasa cokelat yang manis banyak digemari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cokelat menjadi camilan yang paling banyak dinikmati setelah menyantap menu utama saat waktu makan.

Ternyata jika mengonsumsi jenis cokelat yang tepat dapat membantu mengatasi bau yang mengganggu. Cokelat dengan kandungan rendah gula telah terbukti dapat menjaga kesehatan mulut.

Komponen bernama Cocoa Bean Husk (CBH) pada cokelat telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah karies pada gigi dengan cara memperkuat lapisan enamel. Selain itu cokelat murni yang rendah gula juga memiliki kandungan katekin yang efektif untuk mencegah bakteri penyebab bau mulut. (net)

Sumber: detikfood

BERITA LAINNYA

TERPOPULER