Sabtu, Maret 2, 2024

Festival Panahan Gali Potensi Atlet Banua

Link, Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, menggelar Festival Panahan Paman Birin Cup 2023 tingkat pelajar pada tanggal 10 – 12 Maret di lapangan SKB Banjarmasin.

Festival Panahan yang menyediakan hadiah total uang tunai Rp30 juta plus tropi dan piagam ini dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Plt. Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Subhan Noor Yaumil pada Jumat (10/3) pagi.

Paman Birin dalam sambutannya disebutkan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalsel dalam menggali potensi atlet panahan berbakat di Banua untuk dilakukan pembinaan dan pengembangan kemampuan hingga mampu berprestasi di tingkat lebih tinggi.

Festival Panahan yang digelar setiap tahun oleh Dispora Kalsel ini, di harapkan juga bisa mengenalkan cabang olahraga ini ke masyarakat, sehingga lebih kenal dan diminati.

“Upaya ini diharapkan dapat didukung para atlet dengan bersungguh-sungguh berlatih sehingga berbanding lurus dengan program pemerintah,” pesan Paman Birin.

Baca Juga  Paman Birin Sambut Hangat Silaturahmi Kapolda Kalsel

Sementara itu, Kepala Dispora Kalsel Hermansyah mengatakan, festival yang mempertandingkan tiga divisi yakni recurve, compound, dan standart bow ini ternyata mendapat perhatian para pelajar di Banua. Terbukti, festival diikuti lebih dari 170 atlet panahan di daerah.

“Harapan kita talenta atlet panahan di banua dapat dijaring untuk dilakukan pembinaan selanjutnya,” ujarnya.

Selain itu, tujuan penyelanggaraan Festival Panahan Pelajar adalah sebagai evaluasi pengembangan dan pembinaan yang sudah dilakukan, disamping sebagai ajang silaturahmi para atlet dan memupuk jiwa sportifitas.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Dispora Kalsel, Budiono menambahkan kegiatan diikuti usia 11 hingga 18 tahun, sehingga bisa diikuti pelajar SMP sederajat dan SMA/SMK-sederajat maupun dari klub panahan yang ada di Kalsel.

Terkait mekanisme lomba akan diatur rondenya yakni 40 meter putra-putri, 70 meter putra-putri dan 50 meter putra-putri dengan nomor yang diperlombakan setiap ronde, adalah kualifikasi satu dan kualifikasi dua serta eliminasi. (why)

BERITA POPULER