Minggu, April 21, 2024

Tak Hanya Lezat Buah Manggis Ternyata Mengandung Banyak Manfaat 

Siapa yang suka manggis? Buah musiman dengan warna kulit ungu tua dan daging putih cerah ini memiliki rasa manis dan asam. Saat ini, manggis bisa dikonsumsi besar dan olahan.

Bernama latin Garcinia mangostana Linn, manggis merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Tak hanya lezat, manfaat manggis untuk kesehatan juga banyak!

Manfaat Manggis untuk Kesehatan

Manggis mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin C, vitamin B1, vitamin B9, mangan, tembaga hingga magnesium.

Dengan kandungan tersebut, ini khasiat buah manggis untuk kebaikan tubuh.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengutip Healthline, sebuah penelitian dilakukan selama 8 minggu dengan tambahan konsumsi jus manggis 90, 80, atau 270 mil. Hasilnya, indeks massa tubuh mereka lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsinya.

Para ahli berteori, efek antiinflamasi dari manggis dapat meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang manfaat manggis tersebut.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan serat dan vitamin C dalam manggis penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Serat mendukung bakteri usus sehat, sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam manggis memiliki sifat antibakteri. Kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan melawan bakteri yang berpotensi membahayakan.

  1. Kaya Akan Antioksidan

Manggis mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C dan mangan. Ada juga xanthone, sejenis senyawa unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Antioksidan adalah senyawa yang bisa menetralisir efek merusak dari molekul berbahaya yang disebut dengan radikal bebas. Molekul berbahaya ini berkaitan dengan berbagai penyakit kronis.

  1. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Selain memiliki antioksidan kuat, xanthone dalam manggis juga memiliki efek anti inflamasi yang membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Beberapa penelitian tabung menunjukkan bahwa xanthone bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di jaringan payudara, perut, dan paru-paru.

Hal ini tentu bisa memberi harapan baru dalam pencegahan kanker. Meski, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Vitamin C, E, dan antioksidan lainnya dapat bermanfaat untuk kesehatan mata. Menurut laman Pemprov Jambi, kandungan ini bisa membantu mencegah penyakit mata terkait usia dan memberikan perlindungan tambahan untuk penglihatan mata.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan xanthone dalam buah manggis juga bisa mengontrol gula darah. Mengutip laman Kemenkes, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari mampu menurunkan resistensi insulin secara signifikan. Seperti yang diketahui, resistensi insulin merupakan penyebab utama dari diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah manggis baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Sebab, diet tinggi serat bisa membantu meningkatkan keteraturan usus.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan sinar matahari bisa merusak kulit, menimbulkan tanda-tanda penuaan, bahkan menyebabkan kanker kulit. Salah satu buah yang baik untuk menjaga kesehatan kulit adalah manggis.

Sebuah penelitian selama 3 bulan menunjukkan, konsumsi 100 mg ekstrak manggis setiap hari dapat meningkatkan elastisitas kulit. Menurut para peneliti, zat antioksidan dan antiinflamasi dari manggis yang menjadi alasan utama efek perlindungan ini. Namun, masih diperlukan banyak penelitian mengenai manfaat ini.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Manggis mengandung kalium, tembaga, magnesium, dan mangan. Sejumlah kandungan ini membantu mengatur tekanan darah, mendukung kesehatan jantung dan mengurangi resiko serangan jantung.

  1. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat yang tinggi pada manggis sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Sebab, folat diperlukan untuk mencegah jadinya kelainan tabung saraf pada bayi.

Meski mempunyai banyak manfaat, jika manggis dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kelebihan kalori. Seimbangkan pula dengan konsumsi buah lainnya. (net)

Sumber: Detik.com

Baca Juga  Manfaat Hingga Efek Samping Konsumsi Bunga Telang
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img