Sungai Basung Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Facebook
Twitter
LinkedIn
warga terdampak banjir

Link, Banjarbaru – Banjir melanda Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada Senin (4/7/2022).

Kepala Satpol-PP, UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banjarbaru, Hidayaturrahman mengatakan, ada dua kelurahan yang terdampak banjir di Cempaka, yaitu Kelurahan Cempaka dan Kelurahan Bangkal.

“Jadi yang terdampak cukup banyak dan masih dalam proses pendataan, sehingga jumlah pasti belum bisa kami sampaikan,” tuturnya.

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam Jalan Mistar Cokrokusumo, jalan poros yang menghubungkan kota Banjarbaru dengan Kabupaten Tanah Laut.

Jalan tersebut sempat ditutup bagi lalu lintas kendaraan karena ketinggian air mencapai paha orang dewasa atau sekitar 70 cm.

“Sedangkan daerah dalam, mencapai dada orang dewasa. Personel dan peralatan sudah dikerahkan ke lokasi banjir untuk membantu para korban,” ucapnya.

Baca Juga  Politisi Gerindra Perjuangkan Kebebasan TKI di Al Zahir

Sebagian warga memilih bertahan di rumahnya masing-masing. Ada warga yang naik ke lantai dua rumah, ada pula yang berjaga di depan rumah atau menunggu di pinggir jalan raya.

“Semua barang saya sudah dipindahkan ke lantai dua rumah, jadi tidak berani meninggalkan,” kata salah satu warga Kelurahan Cempaka, Nurhasini.

Menurutnya, air Sungai Basung meluap dan merendam rumah warga mulai sekitar pukul 9.00 Wita. Air terus naik hingga pukul 13.00 Wita.

“Kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah. Bagi yang terjebak dirumah otomatis tidak bisa beli kebutuhan keluar,” pungkasnya. (juwita/BBAM)