Jumat, April 12, 2024

Tahun 2023, 2.627 Penerima Bansos Terkendala Data

Link, Banjarmasin – Warga Kota Banjarbaru penerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah di tahun 2023 jumlahnya dipastikan berkurang. Dari 8.333 warga penerima, 2.627 warga terkendala pada indikatornya yang belum lengkap.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Dolly Syahbana, menyebutkan, 2.627 orang yang semua penerima bansos di tahun 2023 ini terkendala. Dimana masih perlu dilakukan pencocokan data ulang. Sebab, indikatornya masih belum lengkap.

“Memang masih perlu pencocokan ulang data penerima bansos,” ucapnya, usai mengikuti rapat pembahasan LKPJ Walikota Tahun 2022 bersama Komisi IV DPRD Banjarmasin, sebagimana dilansir Klikkalimantan.com.

Sejauh ini, ungkap Dolly Syahbana, pihaknya sudah mengembalikan data penerima bantuan ke Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk dilakukan pendataan dan pencocokan data ulang.

“Setelah itu, data yang baru akan kita cocokkan lagi dengan data Dinsos. Sehinga penerima bansos benar-benar bisa tepat sasaran,” katanya.

Baca Juga  Layanan UPPD Samsat Banjarmasin II Libur Panjang

Namun demikian, lanjut Dolly, masih ada peluang bagi mereka untuk menerima bantuan, jika data penerima valid, apalagi target zero atau nol di tahun 2024. Tapi, target itu apakah dipenuhi tahun ini atau tidak?

“Kita tidak bisa memastikan apakah 2.627 orang itu tidak menerima bantuan tahun ini. Makanya kita lakukan pendataan ulang dan validasi. Harapannya di anggaran perubahan nanti mereka mendapatkan bantuan,” katanya.

Ditanya bantuan sosial yang akan dibagikan, Dolly juga belum bisa memastikan bentuk bansos seperti apa yang akan dibagikan dalam waktu dekat, termasuk waktu pembagiannya.

“Untuk jenis bantuannya masih belum jelas, bisa berupa sembako, uang atau bantuan lainnya. Kita tunggu saja, yang jelas saat ini kita berusaha untuk melakukan validasi 2.627 orang yang masih belum valid datanya,” tegasnya.(spy)

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img