Tiga Personil BPKP Kalsel Sambangi DPRD Banjar

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link, Martapura – Hari ini (Selasa, 24 Mei 2022) Gedung DPRD Kabupaten Banjar kedatangan tamu istimewa. Dua orang berseragam Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Selatan dan satu orang berpakaian biasa, menghampiri meja resepsionis untuk mengisi daftar tamu.

Ternyata mereka dari BPKP Kalsel dengan tujuan menemui Sekretaris Dewan DPRD Banjar.

Setelah mengisi daftar tamu, sesaat duduk di kursi tunggu dan sebentar kemudian tanpa basa-basi mereka menuju lantai dua di mana ruangan kerja sekwan berada.

Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Kalsel Mohamad Riyanto mengatakan, rencananya datang ingin bertemu Anggota DPRD .

“Namun, tidak satupun Anggota DPRD ada. Makanya, kami sudah koordinasikan dengan Sekwan,” katanya.

Selama satu setengah jam lebih, lanjut Riyanto, pihaknya berkoordinasi bersama Sekwan membahas tentang materi kegiatan dan pola pertanggungjawaban.

“Sekwan itu kan tugasnya memproses pertanggungjawaban perjalanan dinas. Jadi tadi kami tanyakan tahapan-tahapan apa saja yang sudah dilakukan oleh Sekwan,” ungkapnya.

Dari informasi yang beredar di rumah rakyat tesebut kedatangan petugas BPKP Kalsel tersebut tidak diketahui sebelumnya.

“Tidak ada pemeritahuan terlebih dahulu kalau ada pemeriksanaan,” ujar salah seorang staf kesekretariatan pendek.

Baca Juga  Pipa Zone P PTAM Intan Banjar Bocor, Ini Wilayah Terdampak

Ironisnya, tidak seorang pun anggota DPRD Banjar yang ada di kantor. “Para anggota dewan sebagian besar baru datang dari perjalanan dinas,” ungkap staf lainnya.

Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi dihubungi melalui handpohone selulernya mengaku juga tidak tahu soal kedatangan BPKP Kalsel ke DPRD Banjar.

“Sepertinya kedatangan mereka mendadak. Tetapi mungkin saja ini balasan dari silaturahmi kami ke BPKP Kalsel beberapa waktu lalu,” katanya.seperti diberitakan sebelumnya, besarnya tekanan publik terhadap transparansi penggunaan anggaran perjalanan dinas anggota DPRD Kabupaten Banjar, menarik perhatian Badan Pengawasan Keuangan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan.

Lebih dari itu, BPKP Kalsel akan mengerahkan tim audit yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum (APH) untuk audit investigatif biaya perjalanan dinas anggota DPRD.

Hal itu disampaikan Kepala BPKP Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan ketika menerima kunjungan Ketua DPRD Kabupaten Banjar H. Muhammad Rofiqi, S.H., Jumat 13 Mei 2022.

“Kami akan menurunkan tim investigasi untuk mengaudit biaya perjalanan dinas anggota DPRD,” tambahnya.(spy)