UMKM Kota Banjarbaru Pastikan Ikuti Gernas BBI

Facebook
Twitter
LinkedIn
umkm di Kota Banjarbaru

Link, Banjarbaru – Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),  di Kota Banjarbaru saat ini sedang naik daun. Paling tidak, pasca masa pandemi Covid-19 UMKM Kota Banjarbaru mulai kembali melebarkan sayapnya dengan mengikuti berbagai kegiatan pameran skala provinsi, maupun pusat. Termasuk di event Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) mendatang.

Mahrina Noor, Kepala Dinas Koperasi, UMK dan Tenaga Kerja (DiskopUkmNaker) melalui Feffy Ramadhiaty Kepala Bidang Bina Usaha Koperasi Kecil Mikro dan Menengah mengatakan, di 2022 ini, sudah banyak event yang melibatkan pelaku UMKM di Kota Banjarbaru.

“Yang terbaru tadi kami mengikuti acara pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Duta Mall Banjarmasin. Ada 7 UMKM yang ikut dalam pameran AKI tersebut,” ungkap Feffy, Senin (18/7/2022).

Dalam waktu dekat ini sebutnya, pihaknya akan mengikuti event Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dilakukan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), di Siring Banjarmasin, 22-24 Juli 2022.

Baca Juga  Tipikor Polres HSU ke Lapangan Telisik PKH Lansia

Dalam event Gernas BBI ini akan menampilkan produk-produk unggulan UMKM dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. di Banjarbaru sendiri akan menampilkan produk unggulan antara lain produk amplang ikan tenggiri Rini Wardani khas Banjarbaru.

“Iya benar, produk amplang Rini Wardani nanti ikut dalam event tersebut dan memang dia langsung dihubungi pusat. Memang UMKM ini sudah lama di Banjarbaru, sudah seniorlah,” tambahnya.

Selain produk amplang, pihaknya juga akan ikut berpartisipasi dengan membawa produk-produk unggulan di Banjarbaru lainnya. Seperti Banjaru-bag, Kain Sasirangan, Kerajinan Tali Temali, dan lain-lain.

“Produk unggulan yang kami bawa ini, adalah yang bermitra dengan Dekranasda Kota Banjarbaru. Selain kerajinan kriya, kami juga membawa produk unggulan di kategori kuliner,” katanya.

Ia pun, berharap semoga UMKM di Kota Banjarbaru semakin maju, dan tentunya semakin dikenal oleh masyarakat luas. Diketahui saat ini ada 3595 UMKM, yang dinaungi oleh DiskopUKMNaker. (wahyu/BBAM)