Rabu, April 24, 2024

Warga Binaan LPP Kelas IIA Martapura, Sudah Bisa Punya e-KTP

Link, Martapura – Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Kalsel melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan Disdukcapil dan KB Provinsi Kalsel dan launching perekaman e-KTP warga binaan permasyarakatan, Lapas/Rutan/LPKA Kalsel dan Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura di LPP Kelas IIA Martapura Kabupaten Banjar pada Jumat (17/3).

Hadir Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Subhan Noor Yaumil, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali, Kadisdukcapil KB Kalsel, Zulkifli dan pihak terkait lainnya.

Paman Birin dalam sambutannya menyambut positif kerjasama ini dan menyebutkan pemilu merupakan pesta demokrasi yang sangat penting bagi kehidupan bangsa dan negara.

Oleh karena itu, harus dipastikan pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar, termasuk di Kalsel yang selama ini terbuktikan berhasil menjaga stabilitas daerah pada setiap penyelenggaraannya.

Dalam hal ini, Paman Birin mengingatkan agar hak pilihan masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih, mendapatkan haknya, termasuk para warga binaan di LP atau Rutan yang ada agar hak mereka tidak terbaikan atau hilang lantaran tidak terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) oleh KPU setempat.

Baca Juga  KH Muammar ZA Isi Pengajian di Mahligai Pancasila 

Paman Birin pun mengajak seluruh masyarakat di Kalsel agar menjaga kelancaran seluruh tahapan pemilu, sehingga aman, damai, dan demokratis.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali mengatakan, berbagai persiapan dilakukan penyelanggara pemilu dan pemerintah guna menyambut dan mensukseskan ajang yang digelar setiap 5 tahunan dengan harapan, seluruh lapisan dapat menggunakan hak pilihnya mereka, tidak terkecuali, para binaan yang tengah menjalani pidana.

Namun sayangnya, masih banyak warna binaan ini yang belum memiliki e-KTP maupun NIK. Hal ini bisa menyebabkan tidak terdaftarnya sebagai pemilih nantinya. Hal inilah ujarnya yang melatarbelakangi dilakukan kerjasama ini. (tri)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img