19 C
New York
Sabtu, September 28, 2024

Buy now

spot_img

22 Jemaah WNI Dideportasi, 2 Orang Jadi Tersangka

Link, Makkah – Ditangkap di Bir Ali, 24 Warga Negara Indonesia (WNI) kini tengah menjalani pemeriksaan intensif. Dipastikan 22 WNI yang tidak menggunakan visa haji saat memasuki Makkah akan dideportasi. Sedangkan dua orang koordinatornya ditetapkan sebagai tersangka.

Seperti diketahui, 28 Mei 2024, sekitar pukul 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS) 24 jemaah pemegang visa non haji asal Indonesia diamankan aparat kepolisian Kerajaan Arab Saudi. Mereka kedapatan tidak bisa menunjukkan dokumen-dokumen perhajian ketika Miqat di Bir Ali, Madinah. Kejadiaan tersebut terjadi pada

“Statusnya dideportasi (22 WNI). Jadi akan berlaku ketentuan deportasi yang salah satunya adalah larangan masuk Arab Saudi hingga 10 tahun,” terang Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Jeddah Yusron B Ambary melalui pesan online di Makkah, Jumat (31/5/2024).

“Jadi dua kali kemarin tim dari KJRI sudah menemui mereka. Dan semalem putusannya mereka akhirnya dipindah ke imigrasi. Pagi ini tim KJRI tengah mendampingi mereka untuk proses exit. Insya Allah, 22 jamaah akan kembali ke Indonesia dengan penerbangan Garuda besok malam (1 Juni 2024, -red) pukul 11.00 WAS dari Madinah ke Jakarta,” sambungnya.

Baca juga  JHI Lansia dan Disabilitas Dipindahkan ke Hotel Transit

Ditanya apakah 22 WNI yang dideportasi itu juga akan terkena denda, Yusron menjelaskan bahwa otoritas Saudi sudah mengumumkan bahwa denda diberlakukan mulai 2 Juni 2024.

Imbauan

DIrektur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid mengimbau jemaah untuk tidak tergiur terhadap tawaran berhaji secara non prosedural dengan menggunakan visa non haji. Sebab, pemerintah Arab Saudi saat ini tengah memperketat aturan terkait visa haji.

“Bagi jemaah yang saat ini sudah berada di Arab Saudi dan ingin masuk ke Makkah untuk berhaji, namun tidak memegang visa haji, hanya punya visa ziarah, sebaiknya tidak memaksakan diri. Sebab, itu tidak sesuai dengan ketentuan Arab Saudi,” pesan Subhan. (spy)

BERITA LAINNYA

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU