Jumat, September 20, 2024
BerandaLinkTeritoriWRD 2024 Disbunnak Kalsel Gelar Vaksinasi Rabies Hingga Pemberian Vaksin

WRD 2024 Disbunnak Kalsel Gelar Vaksinasi Rabies Hingga Pemberian Vaksin

Link, Banjarbaru – Hari Rabies Sedunia/World Rabies Day (WRD) 2024, yang akan diperingati pada 28 September mendatang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak).

Kepala Disbunnak Provinsi Kalsel, Suparmi mengatakan, Disbunnak turut berpartisipasi dengan program kegiatan antara lain konsultasi kesehatan hewan, vaksinasi rabies, pemberian vitamin hewan dan steril kucing jantan yang diadakan secara gratis dipusatkan pada Klinik Hewan Disbunnak Provinsi Kalsel bertempat di Jl. A. Yani Km 33 R.O Ulin Loktabat Banjarbaru.

“Kegiatan mulai dilaksanakan sejak 9 September 2023 hingga 27 September mendatang acara puncak WRD 2024 akan diselenggarakan pada 28 September 2024 bertemakan “All for One, One Health for All”. kegiatan vaksinasi rabies secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia termasuk pada Provinsi Kalsel,” kata Suparmi, Banjarbaru, Senin (9/9/2024).

Baca juga  Yes! Kalsel Sepuluh Besar Provinsi Inflasi Terendah Nasional

Suparmi menyebutkan, tujuan yang diperoleh dari kegiatan vaksinasi rabies pada kucing dan anjing serta kastrasi/kebiri untuk mengurangi risiko penularan penyakit rabies serta sebagai pelindung bagi populasi hewan peliharaan.

Pada peringatan WRD ini juga akan digelar kampanye rabies melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman tentang bahaya penularan penyakit rabies dan pentingnya mencegah penyakit tersebut.

“Ini salah satu upaya Pemprov Kalsel untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tetap waspada dan mencegah terjadinya penyakit rabies,” jelas Suparmi. (tri)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER