Senin, Juli 22, 2024
BerandaHeadlineKebutuhan Hewan Kurban Tahun Ini Dipridiksi Meningkat

Kebutuhan Hewan Kurban Tahun Ini Dipridiksi Meningkat

Link, Banjarbaru – Dibanding tahun 2023, kebutuhan hewan kurban di tahun 2024 ini dipridiksi meningkat. Kendati demikian, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalsel memastikan ketersediaan hewan kurban mencukupi.

Kepala Disbunnak Provinsi Kalsel, Suparmi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Edi Santoso mengatakan, saat ini menjelang lebaran Idul Adha kebutuhan hewan kurban terutama sapi, kerbau, dan kambing mengalami peningkatan.

“Untuk keperluan pemotongan hewan kurban di Kalsel dapat dinyatakan cukup memenuhi kebutuhan, baik dari ketersediaan di Kalsel sendiri dan ditambah pemasukan dari luar Kalsel yang sehat dan bebas dari penyakit, setelah melalui proses karantina yang ketat,” kata Edi.

Diungkapkannya, dari data tercatat pemotongan hewan kurban di 2023 sebanyak 14.527 ekor. Kemudian di 2024 diperkirakan sebanyak 21.791 dengan ketersediaan hewan kurban sebanyak 27.959 ekor.

Baca juga  Tekan Inflasi, Pemprov Bagikan 5 Ton Beras Gratis

“Sapi, kambing dan kerbau tersebut sebagian dikirim dari NTT, NTB, Sulawesi dan Jawa Timur, sejak 4-5 bulan yang lalu,” jelas Edi.

Tak hanya itu, Edi menyebut pihaknya terus melakukan update data per minggu, terkait data ketersediaan hewan kurban di Kalsel.

“Di 2024, Kalsel telah dapat meningkatkan populasi dan produksi sapi dari implementasi program Sistem Integrasi Sapi-Kelapa Sawit berbasis Kemitraan Usaha Inti Plasma (SISKA KU INTIP) yang digagas Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor,” ucap Edi.

Sementara itu, harga hewan kurban juga mengalami kenaikan.

“Naiknya lumayan, tahun lalu saya membeli sapi perkiraan daging 70 klioan harganya Rp16 jutaan. Tadi saya ingin membeli sapi dengan bobot yang sama. Tetapi harganya mencapai Rp18 juta,” ungkap Supian, warga Cempaka. (tri)

 

BERITA TERKAIT

TERPOPULER