Rabu, Mei 22, 2024

Akhir Pekan, Bukit Pamaton Bisa Jadi Pilihan

Dari Indahnya Pemandangan Alam sampai Ritual Mistik

Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak potensi wisata alam. Gunung Pamaton salah satunya. Bukan hanya di hari-hari libur saja kawasan ini ramai dikunjungi, dihari-hari biasa selalu saja ada pengunjung yang datang.

Catatan, Wahyu Kusumawati

Gunung Pematon merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Selain pesona alamnya, Gunung Pamaton juga dikenal masyarakat Banjar sebagai kawasan sakral.

Untuk bisa menikmati keindahan di sana, sangat mudah. Jalan dari Kota Martapura atau dari Kota Banjarbaru terbilang mulus. Jarak terdekat perjalanan bisa dimulai dari Ujung Murung, Cempaka, Banjarbaru (SDN Sungai Tiung 4). Sekitar 30 menit traveler sudah bisa menikmati keindahan alamnya.

BACA JUGA  Dinas PUPR Kalsel Gelar Bimtek Pengawasan Jalan dan Jembatan

Gunung Pamaton sendiri adalah sebuah bukit yang berada di kawasan Pegunungan Meratusyang terletak di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Selain Gunung Pamaton itu sendiri, di bagian kaki bukitnya juga menyediakan destinasi wisata lainnya. Sungai Aranawai, Air Terjun Janda Beranak Tiga Sungai China, Air Terjun Bawah Bambu, hingga home stay tersedia di sana.

Di kaki Bukit Pematon terdapat sebuah prasasti yang bertanda tangankan Raja Muda Khairul Saleh (keturunan kerajaan Banjar yang juga mantan Bupati Banjar) pada 10 Muharram 1433 H atau 7 Desember 2011 silam. Prasasti ini berada di sebelah kiri jalan, menuju villa Aranawai, dan terdapat beberapa pesanggrahan yang masih digunakan sampai saat ini.

BACA JUGA  Pesan Gubernur Dalam Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 41

Terdapat beberapa kisah mistis yang ada di Gunung Pematon ini diantaranya, sebagai gerbang menuju dunia alam ghaib, dan ada juga yang menyebutnya sebagai tempat berkumpulnya para makhluk gaib. Sehingga tempat ini masih dipercayai sebagai tempat keramat, tak sedikit orang yang melakukan ritual sesuai dengan hajat mereka datang ke sana.

Saat banjir menerjang daerah sekitaran sungai yang berada di kaki bukit tersebut Tahun 2021 silam, banyak yang beranggapan bahwa kejadian tersebut ada hubungannya dengan makhluk gaib yang berada di tempat itu. Seperti halnya tanah longsor yang terjadi, dan membuat warga bertanya-tanya karena dianggap tidak masuk akal. Karena sebelum-sebelumnya tidak pernah longsor pada tempat tersebut.***

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER