Jumat, Juni 14, 2024
BerandaLinkFemmeApo Whang-Od Wajahnya Hiasi Majalah Vogue di Seluruh Dunia

Apo Whang-Od Wajahnya Hiasi Majalah Vogue di Seluruh Dunia

Wanita dengan berbagai latar belakang budaya hingga usia sudah menghiasi berbagai sampul majalah Vogue di seluruh dunia. Hanya saja belum pernah ada wanita berusia 100 tahun lebih yang menjadi modelnya sampai muncul sosok nenek yang satu ini.

Namanya Apo Whang-Od yang berpose untuk majalah Vogue Filipina edisi April 2023 yang khusus mengangkat isu kecantikan. Berusia 106 tahun, Apo yang tinggal di desa Buscalan, sekitar 15 jam dari Manila, Filipina, dikenal sebagai seniman tertua yang mempraktikan mambabatok, seni tato tradisional Kalinga.

BACA JUGA  Kisah Perjalanan Raeni Hingga Lulus S3 di Inggris

“Dipuji sebagai mambabatok yang terakhir dari generasinya, ia menjadi maskot suku Kalinga, yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan kecantikan, pada kulit ribuan orang yang berziarah ke Buscalan,” tulis Vogue Filipina di Instagram, Kamis (30/3/2023).

Sampul majalah Vogue tersebut memperlihatkan Apo Whang-Od berpose duduk dalam balutan tank top hitam dan rok merah bergaya etnik. Atasannya yang terbuka mengekspos tato yang menghiasi sekujur tangan/

Adalah sang ayah yang memperkenalkan seni mentato kepada perempuan Whang-Od sejak remaja. “Tinggal aku satu-satunya yang membuat tato. Tapi aku tidak takut seni tato ini punah karena aku telah melatih para penerus berikutnya,” kata perempuan bernama Maria Oggay ini sebagaimana dilansir dari CNN Travel pada 2017.

BACA JUGA  Kemajuan Perempuan Menjadi Faktor Penting Peradaban Bangsa

Menurut Diet Prada, Apo Whang-Od mencetak sejarah sebagai orang tertua yang pernah tampil di majalah Vogue manapun. Belum banyak pula perwakilan komunitas adat yang mejeng di sampul Vogue. Sebelumnya ada Quannah Chasinghorse untuk Vogue Meksiko edisi Mei 2021 dan Mei 2022, kemudian Vogue Australia dengan empat wanita Aborigin. (net)

Sumber: Wolipop

BERITA LAINNYA

POPULER