Minggu, Mei 19, 2024

Asnawi Mangkualam Gabung Jeonnam Dragons

Linkalimantan.com – Asnawi Mangkualam Bahar telah menemukan pelabuhan baru untuk kompetisi musim ini. Penggawa Timnas Indonesia itu secara resmi diperkenalkan oleh klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Jeonnam Dragons, Jumat (27/1/2023).

Jeonnam Dragons adalah klub yang berdiri pada 1995 lalu ini bakal jadi tim keduanya di Negeri Ginseng. Sebelumnya, Asnawi Mangkualam bermain selama dua tahun terakhir untuk sesama kontestan K-League 2, Ansan Greeners.

Pemain berusia 23 tahun itu sejatinya terbilang kepayahan pada musim pertamanya. Selain faktor adaptasi lingkungan dan cuaca, ia harus membagi waktunya dengan jadwal padat Timnas Indonesia.

Namun, menit bermainnya meningkat pesat pada musim keduanya. Ia menjadi andalan Cho Min-koo dan Lim Jong-heon dalam menyisir sisi kanan. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Asnawi lewat torehan dua gol dan dua assist.

Saat diperkenalkan, Asnawi mengaku siap memberikan yang terbaik di klub barunya. Ia berjanji membawa Jeonnam Dragons ke kasta tertinggi sekalipun musim lalu terbenam di posisi juru kunci.

“Saya dalam kondisi sangat baik saat ini. Saya sangat senang bergabung dengan Jeonnam yang memiliki kemungkinan promosi. Saya akan melakukan yang terbaik untuk menunjukkan citra yang baik,” ucap Asnawi Mangkualam.

Sementara itu, Gabriel Budi Liminto selaku agen dari Asnawi Mangkualam menuturkan bila Jeonnam Dragons memiliki ambisi kuat di skuadnya. Hal itu terbukti dengan keberhasilan mereka bermain di Liga Champions Asia musim lalu.

Walaupun berasal dari kasta kedua, mereka mendapatkan kesempatan berlaga di kompetisi regional setelah memenangkan Piala FA Korea Selatan. Pada partai puncak, mereka menumbangkan tim kuat, Daegu FC.

“Kami sepakat bergabung ke Jeonnam Dragons karena Jeonnam adalah tim yang punya tradisi kuat di Korea. Mereka juara Piala FA Korea Selatan empat kali dan tahun lalu juga bermain di Liga Champions Asia,” tegasnya.

“Selain itu, mereka juga memerlukan bek kanan. Pelatih Lee Jang-kwan suka dengan karakter Asnawi yang cepat dan pantang menyerah,” imbuh pria asal Surabaya itu.

Ada Peran Shin Tae-yong

Agen pemain kondang Indonesia tersebut juga tak lupa menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu proses transfer ini.

Satu di antaranya adalah pelatih Shin Tae-yong yang memberikan masukan untuk karier sang pemain di negara asalnya tersebut.

“Kami berterima kasih dengan semua pihak di Korea dan juga pelatih Timnas Indonesia yang selalu memberi masukan positif,” jelas Budi.

“Juga terutama ayah dan keluarga Asnawi yang selalu mendukungnya ketika situasi sedih sehabis kalah di Piala AFF. Semoga di klub barunya, Asnawi semakin bisa membanggakan Indonesia,” tandasnya.(spy)

Sumber: https://www.bola.com/

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER