Jumat, Februari 23, 2024

Banjarbaru Sudah Gunakan IndoVac Untuk Vaksinasi

Link, Banjarbaru – Indonesia saat ini sudah memiliki sendiri, vaksin untuk Covid-19 diantaranya IndoVac dan InaVac. Namun, saat ini yang baru bisa dipakai yaitu indovac.

Pemakaian vaksin indoVac untuk, vaksinasi covid-19 sudah berlangsung hampir sepekan. Termasuk di Kota Banjarbaru, saat ini pun sudah memakai vaksin indovac untuk vaksinasi.

“Saat ini, Pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong untuk menggunakan vaksin asal Indonesia ini,” ujar Ahli Madya Epidemiologi Kesehatan Dinkes Kota Banjarbaru, Edi Sampana.

Ia menambahkan, saat ini vaksin indoVac tersedia di 10 puskesmas yang ada di Kota Banjarbaru. Stoknya pun, saat ini masih terbilang cukup banyak.

“Masa expired nya itu,  sampai dengan Januari 2023. Silahkan yang ingin vaksin, bisa datang ke puskesmas terdekat, di Banjarbaru ini ada 23 titik pos vaksinasi,” tambahnya.

Baca Juga  Hujan Sejak Subuh, Warga Cempaka Kembali Kebanjiran

Namun, vaksin indoVac ini memiliki kekurangan yaitu hanya bisa dipakai jika vaksin dosis pertama dan keduanya menggunakan vaksin sinovac. Sehingga, tidak bisa digunakan untuk dosis ketiga jika menggunakan dosis yang lebih tinggi lagi.

“Sekarang kan banyak masyarakat mencarinya dosis ketiga, sehingga vaksin tersebut tidak efektif. Kecuali, dosis pertama dan keduanya itu sinovac baru bisa dosis ketiganya indoVac,” jelasnya.

Diketahui data terakhir pada 24 November 2024, capaian dosis pertama sebesar 86,43 persen. Untuk dosis kedua sebesar 80,08 persen, sedangkan dosis ketiga sebanyak 37,75 persen. (wahyu/BBAM)

BERITA POPULER