Selasa, Juli 16, 2024
BerandaLinkTeritoriBantu Petani, BMKG Agendakan Sekolah Lapang Iklim

Bantu Petani, BMKG Agendakan Sekolah Lapang Iklim

Link, Banjarmasin – Seringkali didera anomali cuaca menjadi salah satu kendala yang dihadapi petani dalam beraktivitas. Hingga pada gilirannya hasil yang didapat sulit untuk dimaksimalkan.

Petani di Kabupaten Banjar patut bersyukur. Ditengah kesulitan dalam menyesuaikan bercocok taman, BMKG Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menyelenggarakan sekolah lapang iklim.

“Sekolah lapang iklim ini bertujuan membantu petani di Kabupaten Banjar untuk memanfaatkan kondisi iklim yang ada dalam bercocok tanam,” ungkao Kepala Stasiun BMKG Kalsel Goeroeh Tjiptanto saat audiensi dengan Bupati Banjar H Saidi Mansyur, didampingi Asisten Perekonomian dan  Pembangunan Ikhwansyah, Kepala Bappeda Litbang Riza Dauly serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) H Ahmadi, di ruang kerja Bupati, Senin (20/2/2022) siang.

Goeroeh menjelaskan, sekolah lapang dimaksud bukan wilayah lahan irigasi akan tetapi ketersediaan airnya bersifat alami.

“Airnya merupakan jatuhan dari langit,” ucapnya.

Baca juga  BMKG: Cuaca Ekstrem Masih Mengintai RI

Tidak hanya kuintuitas tapi juga kondisi cuaca secara umum dan iklim, bagaimana cara penanggulangan hama dan penyakitnya serta memilih varietas padi yang akan ditanam,

“Kita melibatkan teman-teman pengamat hama, BPTP juga,” ujarnya.

Sementara terkait lokasi sekolah lapang tersebut BMKG memilih wilayah di Martapura Timur. Ini ditentukan berdasarkan hasil survei lahan mirip rawa. Sementara musim tanamnya akan dilakukan memasuki musim kemarau yang diprediksi antara bulan April dan Mei.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur sendiri menyambut baik rencana sekolah lapang iklim tersebut. Ia meminta kepada DKPP untuk segera menindak lanjutinya.

Rencana sekolah lapang iklim 2023 oleh BMKG ini sendiri merupakan pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Banjar. Sebelumnya kegiatan serupa sudah dilakukan BMKG sejak tahun 2011 untuk penyuluh dan pengamat, dan 2020 sampai sekarang langsung kepada petani (spy).

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER