Sabtu, Maret 2, 2024

Becatuk Dauh 2023, 9 Group Masuk Final

Link, Martapura – Masuki Babak Final, Becatuk Dauh 2023 hasilkan 9 group yang akan memasuki babak final dari 28 group yang mengikuti babak penyisihan.

Festival Becatuk Dauh 2023 ini dilaksakan sejak 20-22 Maret 2023 di teras Kantor Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar, Haris Rifani melalui Tisnohadi Harimurti selaku Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan mengatakan, berdasarkan hasil sidang dewan juri, diputuskan sebanyak 9 group yang telah lolos dan akan kembali bertanding di babak final yang akan diselenggarakan pada malam selikur atau 21 Ramadhan di teras kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Banjar.

“Meski event tahunan Becatuk Dauh sempat ditiadakan selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19. Namun, rata-rata kemampuan peserta yang mengikuti Festival Becatuk Daun telah meningkat, sehingga skor yang diperoleh hanya beda tipis,” ujarnya pada, Rabu (22/3/2023).

Terbukti, lanjut Tisnohadi Harimurti, saat melakukan penilaian, sempat terjadi perdebatan antar dewan juri untuk menentukan peserta yang akan lolos di Grand Final Bacatuk Dauh 2023.

“Berdasarkan hasil sidang dewan juri, dan kriteria penilaian, yakni dari segi aransemen pukulan, syair yang dilafalkan, dan penampilan. Untuk bobot tertinggi penilaian berada di kategori aransemen pukulan,” katanya.

Baca Juga  Bantuan Pangan Tahap Awal Kabupaten Banjar Disalurkan

Atas dasar tersebutlah, tambah Tisnohadi Harimurti, akhirnya dewan juri dapat menentukan 9 group yang lolos di babak penyisihan, Yakni, group Annadhir Junior, Islahul Ummah, Syahab Islahul Ummah, Al Banjari, Darul Muflihin, Al-Ishlah, Baitul Huda, Ar-raudhah dan grup Al Munir.

“Memang, setiap diakhir perlombaan, para dewan juri selalu memberikan masukkan kepada peserta Festival Becatuk Dauh, baik terkait kriteria penilaian pukulan, vokal, dan penampilan. Alhamdulillah, masukkan yang diberikan tersebut menjadi perhatian dan referensi para peserta untuk meningkatkan kemampuan mereka. Dan memang, untuk bobot penilaian tertinggi pada lomba becatuk dauh berada di kriteria pukulan. Berbeda dengan festival maulid, nilai tertinggi berada pada vokalnya,” jelasnya.

Sembilan group yang telah lolos dibabak penyisihan tersebut selanjutnya akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara. Baik Juara I, II, III, Juara Harapan I, II, dan III, dan Juara Kategori Favorit, Busana Terbaik, dan Kategori Group Beduk Pelestari, serta hadiah uang pembinaan sebesar Rp34 Juta, dan piagam penghargaan, dan tropi juara. Sedangkan untuk juara satu akan mendapatkan piala bergilir.(zainudin/BBAM)

BERITA POPULER