Senin, Juli 22, 2024
BerandaLinkTeritoriEfisiensi Operasional PT Tirta Amandit Masih Jadi Perhatian 

Efisiensi Operasional PT Tirta Amandit Masih Jadi Perhatian 

Link, Banjarbaru – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Agus Dyan Nur hadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Tirta Amandit (Perseroda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Hotel Novotel Banjarbaru pada Kamis (20/6) pagi.

RUPS yang digelar oleh PT. Tirta Amandit membahas laporan kinerja perusahaan selama tahun 2023.

Terdapat dua versi penilaian kinerja yang dipaparkan, yaitu versi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta versi Kementerian Dalam Negeri.

Kedua penilaian ini menilai tiga aspek utama yaitu aspek keuangan, aspek operasional, dan aspek administrasi.

Dari ketiga aspek tersebut, selama tahun 2023, PT. Tirta Amandit mendapat penilaian positif. Versi Kementerian PUPR memberikan nilai 3,40 yang tergolong dalam kategori “Sehat”.

Sementara itu, penilaian dari Kementerian Dalam Negeri memberikan skor 63,15 yang termasuk dalam kategori “Baik”.

Dengan hasil ini, PT. Tirta Amandit diharapkan dapat terus meningkatkan kinerjanya di masa mendatang untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Walaupun tergolong “Sehat” dan “Baik”, Gubernur Paman Birin melalui Agus Dyan Nur menyampaikan beberapa arahan kepada PT. Tirta Amandit untuk terus meningkatkan kinerjanya.

Arahan pertama yang disampaikan adalah peningkatan cakupan pelayanan air bersih. Paman Birin menekankan pentingnya memperluas jangkauan layanan air bersih, mengingat masih terdapat beberapa wilayah di Kabupaten HSS yang belum terlayani.

“Peningkatan cakupan ini perlu dilakukan secara bertahap dan terukur agar seluruh masyarakat dapat menikmati layanan air bersih,” ujar Paman Birin.

Baca juga  Andil Besar Acil Odah dalam Pengendalian Inflasi di Banua

Selain itu, efisiensi operasional perusahaan juga menjadi perhatian dalam arahan tersebut.

“Pemanfaatan teknologi dan inovasi harus terus ditingkatkan untuk meningkatkan efisiensi operasional, sehingga dapat menekan biaya dan meningkatkan profitabilitas perusahaan,” Tutur Paman Birin.

Arahan terakhir yang disampaikan adalah memperkuat tata kelola perusahaan, Paman Birin menekankan pentingnya penerapan tata kelola yang baik dan akuntabel untuk menciptakan transparansi dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan.

“Dengan tata kelola yang baik, kita dapat memastikan perusahaan berjalan dengan transparan dan dapat dipercaya oleh masyarakat,” tambahnya.

PT. Tirta Amandit diharapkan juga memberikan komitmen untuk terus dapat berkontribusi pada pembangunan daerah, khususnya dalam pemenuhan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan serta aspek lainnya sesuai tujuan didirikannya perusahaan.

Rapat diakhiri dengan penyampaian rekomendasi penetapan kembali Direktur Perseroan oleh Komisaris Perseroan serta penandatanganan persetujuan dan pengesahan Laporan Keuangan Tahunan tahun 2023.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Tirta Amandit HSS dihadiri oleh PJ. Bupati Kabupaten HSS yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda HSS, Zulkifli, Sekda Kabupaten HSS, M. Noor selaku Komisaris PT. Tirta Amandit (Perseroda) HSS, Direktur PT. Tirta Amandit (Perseroda) HSS, Arief Budiman bersama jajaran serta Perwakilan Biro Ekonomi Kalsel. (tri)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER