Sabtu, Maret 2, 2024

Festival Silat Budaya Persiapan Ikuti Fornas Jabar

Link, Banjar – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga (Kadispora) Kalsel Hermansyah membuka secara resmi Festival Silat Budaya Tahun 2023 di Kiram Park Kabupaten Banjar, Minggu (19/3) pagi.

Paman Birin dalam sambutannya menyampaikan, festival silat budaya diselenggarakan atas kerja sama antara Dispora Kalsel dengan Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Kalsel untuk mencari atlet pesilat muda banua.

“Animo para peserta sangat luar biasa. Terlihat lebih dari 100 peserta dari 13 kabupaten/kota mengikuti kegiatan tersebut,” kata Paman Birin.

Diharapkan para peserta yang bertanding, dapat menjadi role model yang mampu merepresentasikan olahraga pencak silat, sebagai sebuah cabang olahraga yang menjunjung tinggi sportivitas.

“Saya ucapkan selamat datang dan selamat bertanding, tunjukkan performa terbaik dalam berlaga, serta junjung tinggi sportifitas dan kejujuran,” ungkap Paman Birin.

Selain itu, perhatikan dan patuhi aturan dalam pertandingan agar festival berlangsung tertib dan lancar.

“Ingatlah bahwa kalah dan menang adalah bumbu pada setiap perlombaan, maka kesatrialah jika mendapatkan kekalahan, dan jangan jumawa jika mampu meraih juara,” pesannya.

Baca Juga  MTQ Nasional, Jalan Mataraman - Sungai Ulin Jadi Jalur Alternatif

Melalui festival silat budaya, sebagai ajang seleksi atlet Kalsel untuk persiapan mengikuti Fornas di Jawa barat.

“Harapan kita bersama mudah-mudahan dari kegiatan ini bisa menghasilkan pesilat yang terbaik yang nanti akan mewakili kalsel di ajang nasional ditahun 2023 di Jawa barat,” harap Paman Birin.

Sementara itu, Ketua Panitia, Hadi Supri Muyono menambahkan kegiatan festival silat budaya merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel dalam rangka melestarikan beladiri silat budaya, sekaligus mencari bibit-binit pesilat di banua yang nantinya akan disiapkan untuk ke ajang nasional.

Menurutnya, pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Sumatera Selatan tahun 2022 lalu, atlet pencak silat budaya berhasil meraih 2 medali emas dan 3 mendali perunggu.

“Ini sangat membanggakan atlet kalsel dapat meraih mendali di ajang nasional pada tahun 2022. Diharapkan pada tahun 2023 ini Kalsel dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik lagi. Apalagi silat budaya ini salah satu inorga unggulan yang dapat meraih medali,” pungkasnya. (tri)

BERITA POPULER